Alexius Akim Jabat Ketua DPW PSI Kalbar, Ahdian: Sudah Sesuai Mekanisme DPP

Dirinya juga menjelaskan semangat serta dedikasi Alexius Akim selama ini untuk Kalbar akan menjadi panutan seluruh anak-anak muda PSI khususnya.

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ ISTIMEWA
Demioner Ketua DPW PSI Kalbar Ahdian Noor ST 

PONTIANAK - Demioner Ketua DPW PSI Kalbar Ahdian Noor memastikan bahwa Pemilihan ketua DPW PSI Kalbar yang kini di jabat Alexius Akim sudah melalui proses dan mekanisme yang ada di DPP PSI. Ia menjelaskan memang di PSI tidak mengenal musda.

“Pemilihan ketua DPW atas rekomendasi saya sebagai ketua DPW sebelumnya dan melalui proses seleksi yang dilakukan oleh DPP,” ujarnya kepada Tribun Pontianak, Rabu (20/11/2019).

Ia menerangkan ada beberapa tahap seleksi dilakukan, dalam batas usia yang sebelumnya diatur usia maksimal 45 tahun sudah digugurkan sesuai keputusan DPP PSI PD saat rakor di puncak.

Penunjukan Alexius Akim Jadi Ketua PSI Kalbar karena Punya Modal Politik Riil

Sehingga saat ini batas usia tidak dibatasi lagi maksimal 45 tahun untuk menjadi pengurus.

Begitu juga terkait mantan atau bekas pengurus partai sebelumnya juga demikian sudah diputuskan tidak lagi menjadi syarat sebagai pengurus di PSI.

“Rekomendasi saya lakukan didasari hasil evaluasi internal kita di DPW Kalbar yang mana saat ini DPW PSI Kalbar butuh figur untuk mendobrak atau menaikkan elektabilitas PSI."

"Dalam hal usia kami juga melihat bro Akim sapaan kami kepada ketua DPW baru sangat cocok dan sejalan dengan semangat yang di anut PSI selama ini,” ujarnya.

Dirinya juga menjelaskan semangat serta dedikasi Alexius Akim selama ini untuk Kalbar akan menjadi panutan seluruh anak-anak muda PSI khususnya.

“Harapan besar kami kepada beliau semoga membawa PSI kalbar menjadi yang terdepan nantinya di masa depan,”ujarnya. 

Alexius Akim Pimpin PSI

Mantan Kepala Dinas Pendidikan Kalimantan Barat (Kalbar), Drs Alexius Akim MM resmi menjabat Ketua DPW Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kalbar.

Ini merupakan jabatan tertinggi Alexius Akim sejak terjun ke dunia politik usai pensiun sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN).

Jabatan Ketua DPW diamanahkan kepada Alexius Akim, langsung oleh Ketua Umum PSI Grace Natalie dan Sekjend PSI Raja Juli Antoni.

Sebelum memimpin PSI Kalbar, Penjabat Bupati Sintang 26 Agustus 2015-17 Februari 2016 tersebut adalah kader PDI Perjuangan.

Bahkan pada Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019, Alexius Akim maju sebagai calon legislatif (Caleg) DPR RI periode 2019-2024.

Ia mencalonkan diri dari daerah pemilihan (Dapil) Kalbar 1 dengan nomor urut 7.

Adapun perolehan suara Dapil Kalbar 1 saat itu yakni Cornelis dengan 285.797 suara, kemudian Alexius Akim (38.750 suara), disusul Michael Jeno (36.243suara) dan Maria Lestari (33.006 suara).

PDIP sendiri mendapatkan dua kursi di Dapil Kalbar 1, yang ditempati Cornelis dan Alexius Akim.

Akan tetapi, Alexius Akim dipecat oleh partai dan Michael Jeno mengundurkan diri dari PDIP.

Cornelis dan Maria Lestari pun mewakili Dapil Kalbar 1 dari PDIP untuk duduk di Senayan.

Beberapa bulan sempat fakum, Alexius Akim melanjutkan perjuangan politiknya.

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved