Breaking News:

Buka Roadshow ILOC, Sutarmidji Sebut Pentingnya Data Dalam Pengambilan Keputusan

Prinsip transparansi dan keterbukaan informasi publik menjadi salah satu pijakan dalam menyelenggarakan integrasi dan data terbuka

Penulis: Anggita Putri | Editor: Jamadin
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ ANGGITA PUTRI
Foto bersama Gubernur Kalimantan Barat, H Sutarmidji usai membuka Lokadata (ILOC) Roadshow yang pertama kali diselenggarakan di Provinsi Kalimantan Barat yang digelar di Balai Petitih Kantor Gubernur Kalbar , Selasa (19/11/2019). 

Buka Roadshow ILOC, Sutarmidji Sebut Pentingnya Data Dalam Pengambilan Keputusan

PONTIANAK - Gubernur Kalimantan Barat, H Sutarmidji membuka Lokadata (ILOC) Roadshow yang pertama kali diselenggarakan di Provinsi Kalimantan Barat yang digelar di Balai Petitih Kantor Gubernur Kalbar , Selasa (19/11/2019).

Dalam kata sambutannya, Sutarmidji mengucapkan selamat datang kepada Narasumber yang telah meluangkan waktunya untuk menghadiri acara Lokadata Kalimantan Barat.

Ia mengatakan pentingnya data dalam proses pengambilan keputusan telah menjadi prioritas Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat, sebagaimana diatur dalam Peraturan Presiden Nomor 39 Tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia.

Demikian juga dengan Satu Data Kalimantan Barat yang pencanangannya diawali dengan penandatanganan Deklarasi Bersama Kepala Daerah Provinsi/Kabupaten dan Kota se-Kalimantan Barat pada akhir tahun 2018, dan launching portal Open Data Kalbar yang bertepatan dengan Open Data Day Internasional pada tanggal 4 Maret 2019 yang lalu.

Mulai Hari Ini, Polres Kubu Raya Resmi Beroperasi 

Selain itu diikuti dengan peresmian Data Analytic Room hampir sebulan yang lalu sebagai sarana penganalisa dan pemantau pembangunan berbasis data sehingga dapat dijadikan dasar dalam pengambilan suatu keputusan.

Satu Data Kalimantan Barat adalah sebuah inisiatif Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas tata kelola data pemerintah.

"Data pemerintah yang dapat dimanfaatkan tidak hanya sebatas untuk pengambilan kebijakan tetapi juga sebagai bentuk pemenuhan kebutuhan data publik bagi masyarakat," ujar H Sutarmidji.

Penyediaan data terbuka yang terangkum dalam kebijakan Satu Data Kalimantan Barat, turut mendukung proses perencanaan daerah agar setiap program pembangunan dapat dilaksanakan berdasarkan data yang benar, akurat, mutakhir, terpadu, dapat dipertanggungjawabkan, mudah diakses, dan dibagipakaikan serta dikelola secara seksama, terintegrasi, dan berkelanjutan.

"Prinsip transparansi dan keterbukaan informasi publik menjadi salah satu pijakan dalam menyelenggarakan integrasi dan data terbuka," ujarnya.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved