Diskes Kalbar Temukan Empat Kasus DBD di Kubu Raya

Subanri menuturkan, pihak Diskes telah memberikan penyuluhan sosialiasi terkait pencegahan DBD di wilayah tersebut

Diskes Kalbar Temukan Empat Kasus DBD di Kubu Raya
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/SEPTI DWISABRINA
Kepala Bidang P2P Dinas Kesehatan (Diskes) Kalimantan Barat (Kalbar) Subanri 

KUBU RAYA - Kepala Bidang P2P Dinas Kesehatan (Diskes) Kalimantan Barat (Kalbar) Subanri menuturkan Dinas Kesehatan Kalbar menemukan empat kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) di wilayah Alas Kusuma, Kuala Dua, Kubu Raya.

"Ada kita lakukan fogging, karena ditemukannya empat kasus di sana. Termasuk tadi ada satu kasus dan sudah dibawa ke puskesmas setempat," ujarnya, Selasa (12/11/2019).

Subanri menuturkan, pihak Diskes telah memberikan penyuluhan sosialiasi terkait pencegahan DBD di wilayah tersebut, agar tidak terfokus pada fogging guna membasmi nyamuk.

DBD Jangkiti Dua Warga Komplek di Sungai Raya

Satu Anak-anak dan Dewasa Terserang DBD, Puskesmas Sungai Durian Fogging Komplek Adenia

Cegah DBD, Bupati Citra Serahkan Bibit Bunga Lavender

"Kemudian tadi kita sarankan kepada masyarakat, jangan selalu fogging saja. Namun harus lebih memfokuskan ke Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN), itu yabg terpenting," jelasnya.

Menurutnya, meskipun fogging dilakukan, juga tidak efektif melihat kondisi cuaca telah memasuki musim hujan dan fogging akan lenyap seketika.

"Saya ingatkan kembali, setiap hari harus menggencarkan PSN dilingkungan rumahnya masing-masing dengan 3 M. Berkaca dari empat kasus tersebut, bukan dari sekolah tapi terjadi dilingkungan rumahnya," tegasnya.

Selain menggalakkan PSN dilingkungan masyarakat, Subanri pun mengimbau di setiap rumah memiliki satu Juru Pemantau Jentik (Jumantik).

"Jika satu rumah memiliki lima orang anak, satu orang bisa ditunjuk menjadi penanggung jawab memantau jentik, ini juga dinilai lebih efektif," pesannya.

Pihak Diskes Kalbar bersama pihak-pihak terkait selain melakukan fogging, memberikan penyuluhan juga membagikan abate di wilayah terserang wabah DBD, seperti Alas Kusuma dan Wonodadi II.

Update berita pilihan
tribunpontianak.co.id di WhatsApp
Klik > http://bit.ly/whatsapptribunpontianak

Penulis: Septi Dwisabrina
Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved