Citizen Reporter

Paolus Hadi: Mari Kita Jadi Pahlawan untuk Jadikan Kabupaten Sanggau Yang Lebih Baik

Ia juga berharap semoga Indonesia maju, sebagaimana cita-cita bangsa ini dan kemudian Sanggau bisa maju dan terdepan.

Paolus Hadi: Mari Kita Jadi Pahlawan untuk Jadikan Kabupaten Sanggau Yang Lebih Baik
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ISTIMEWA
Bupati Sanggau, Paolus Hadi saat foto bersama usai upacara dalam rangka memperingati Hari Pahlawan 10 November 2019, dengan mengusung tema "Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa pahlawannya". Upacara dilaksanakan di Halaman Kantor Bupati Sanggau, Minggu (10/11/2019). 

Citizen Reporter

Staf Diskominfo Sanggau, Abang Alfian

SANGGAU - Pemerintah Kabupaten Sanggau menggelar upacara dalam rangka memperingati Hari Pahlawan 10 November 2019, dengan mengusung tema "Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa pahlawannya"  di halaman Kantor Bupati Sanggau, Minggu (10/11/2019). 

Adapun inspektur upacara dipimpin langsung oleh Bupati Sanggau, Paolus Hadi. Hadir juga Pj Sekda Sanggau, IKukuh Triyatmaka, Ketua DPRD Kabupaten Sanggau, Jumadi, SDandim 1204/Sanggau, Letkol Inf Gede Setiawan, Kapolres Sanggau, AKBP Imam Riyadi, Kepala Kejari Sanggau, Tengku Firdaus, Ketua Pengadilan Negeri Sanggau, Arief Boediono, Kepala BNNK Sanggau, AKBP Ngatiya, Kepala Bank Kalbar Cabang Sanggau, Kepala Rutan Klas II Sanggau, Isnawan, Kakan Kemenag Sanggau H MTaufik, Para Asisten, Staff Ahli Bupati, Kepala OPD Kabupaten Sanggau, TP-PKK, GOW, DWP, Persit dan Bahyangkari Kabupaten Sanggau, Anggota TNI dan Polri, Para ASN dan Tenaga Kontrak dilingkungan Pemkab Sanggau serta para pelajar yang ada di Kota Sanggau. 

Dalam amanat Menteri Sosial RI yang dibacakan Bupati Sanggau, Paolus Hadi menyampaikan 
bahwa setiap Hari Pahlawan, kita diingatkan kembali kepada peristiwa pertempuran 10 November 1945 di Surabaya sebagai salah satu momen paling bersejarah dalam merebut kemerdekaan Indonesia.

Sudah Nikmati Listrik, Warga Dusun Buluh Empirit Gelar Syukuran

Kick Off Timnas U19 Pukul 19.00 WIB, Berikut Line Up Pemain Timnas U19 vs Korea Utara - Ada Bagus

"Pada pertempuran tersebut rakyat bersatu padu, berjuang, pantang menyerah melawan penjajah yang ingin menancapkan kembali kekuasaannya di Indonesia," jelasnya.

"Peristiwa Perang mengingatkan kita bahwa kemerdekaan yang kita rasakan saat ini tidaklah datang begitu saja, namun memerlukan perjuangan dan pengorbanan yang luar biasa dari para pendahulu negeri. semangat yang ditunjukkan para pahlawan dan pejuang tersebut hendaknya perlu terus ditumbuhkembangkan di dalam hati sanubari segenap insan Warga Negara Indonesia," tambahnya.

Dikatakannya, dengan peringatan Hari Pahlwan diharapkan kita akan lebih menghargai jasa dan pengorbanan para pahlawan, sebagaimana ungkapan salah seorang The Founding Fathers kita Bung Karno yang menyatakan bahwa "hanya bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya dapat menjadi bangsa yang besar". 

Beri Dukungan Pada Pemuda Sambas, Eko: Pemuda Merupakan Indikator dari Pemerintahan

"Selain itu peringatan Hari Pahlawan kita bangkitkan semangat berinovasi bagi anak-anak bangsa untuk menjadi pahlawan masa kini, sebagaimana tema peringatan hari aku pahlawan masa kini. Menjadi pahlawan masa kini dapat diakukan oleh siapapun warga negara Indonesia, dalam bentuk aksi-aksi nyata memperkuat keutuhan NKRI, seperti tolong menolong sesama yang terkena musibah, tidak melakukan provokasi yang dapat menggangu ketertiban umum, tidak menyebarkan berita hoax, tidak melakukan perbuatan anarkis atau merugikan orang lain dan sebagainnya,"jelasnya.

Jika dahulu, lanjut PH semangat kepahlawanan ditunjukkan melalui pengorbanan tenaga, harta bahkan nyawa. sekarang, untuk menjadi pahlawan, bukan hanya mereka yang berjuang mengangkat senjata mengusir penjajah, tetapi kita juga bisa, dengan cara menorehkan prestasi di berbagai bidang kehidupan, memberikan kemaslahatan bagi masyarakat, membawa harum nama bangsa di mata Internasional. 

"Peringatan Hari Pahlawan kiranya dapat meningkatkan kesadaran kita untuk lebih mencintai tanah air dan menjaganya sampai akhir hayat. Jangan biarkan keutuhan NKRI yang telah dibangun para pendahulu negeri dengan tetesan darah dan air mata menjadi sia-sia,"ujarnya.

Halaman
12
Penulis: Hendri Chornelius
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved