Duta Pertanian Kalbar Ikuti Pertamina Eco Camp 2019, Arief Ungkap Hal Ini

“Konservasi Owa Jawa di PPKAB merupakan bagian dari dukungan Pertamina untuk mengembalikan Owa Jawa ke habitatnya.

Duta Pertanian Kalbar Ikuti Pertamina Eco Camp 2019, Arief Ungkap Hal Ini
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ ISTIMEWA
Arief, Perwakilan Duta Pertanian Kalbar   

Duta Pertanian Kalbar Ikuti Pertamina Eco Camp 2019, Arief Ungkap Hal Ini 

PONTIANAK - Duta Pertanian Kalimantam Barat 2019 menjadi salah satu peserta Pertamina Eco Camp 2019.

Pertamina mengajak 40 orang peserta Eco Camp 2019 untuk melakukan studi kehidupan Owa Jawa di Pusat Pendidikan Konservasi Alam Bodogol (PPKAB) Taman Nasional Gede Pangrango, yang merupakan tempat konservasi dan pelepasliaran hewan langka Owa Jawa di Jawa Barat, Selasa (29/10).

Vice President Corporate Communication Pertamina, Fajriyah Usman, menyatakan peserta Eco Camp 2019 diharapkan bisa mendapatkan pelajaran berharga untuk menyelamatkan hewan langka, setelah melihat langsung proses konservasi Owa Jawa di PPKAB.

“Sejak tahun 2013, Pertamina telah melakukan kerja sama dengan Yayasan Owa Jawa dan Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) untuk melakukan konservasi Owa Jawa. Penyelamatan Owa Jawa harus terus dilakukan secara berkelanjutan agar kekayaan yang sangat berharga ini bisa terus terjaga kelestariannya,” ujar Fajriyah dalam keterangan tertulis. 

Baca: PMII Pontianak Raya Rayakan HUT ke 1, Ini Tanggapan Para Kader

Baca: Atasi Kelangkaan LPG 3 Kg, Zulfydar Sarankan Masyarakat Beralih ke Bright Gas

Para peserta Eco Camp 2019 yang berasal dari beragam profesi termasuk selebgram, blogger, vlogger dan jurnalis diharapkan bisa menjadi garda terdepan dalam mengkampanyekan penyelamatan Owa Jawa,” imbuh Fajriyah.

Selain hewan langka, Owa Jawa memiliki sejumlah keistimewaan antara lain memiliki peran penting dalam menjaga kelestarian hutan secara alami dengan menyebarkan benih untuk membantu menjaga siklus kehidupan di hutan.

Hutan yang pepohonannya terjaga akan melindungi manusia dari bencana banjir dan longsor serta sekaligus menjadi sumber oksigen bagi kehidupan manusia.

Baca: 10 Hari Operasi Zebra Kapuas 2019, Polisi Tilang 1635 Pengendara di Sanggau

“Konservasi Owa Jawa di PPKAB merupakan bagian dari dukungan Pertamina untuk mengembalikan Owa Jawa ke habitatnya. Setelah dilakukan konservasi, pada saatnya akan dilepasliarkan di alam terbuka,” pungkas Fajriyah.

Setelah dari PPKAB, kegiatan inti pun dilaksanakan di Gunung Puntang, Pangalengan, Jawa Barat.

Halaman
12
Penulis: Maudy Asri Gita Utami
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved