BUMDes Pondasi Pergerakan Ekonomi Desa

BUMDes dibentuk atas dasar UU tentang Desa no 6 tahun 2014 pada BAB X tentang BUMDes dan diperkuat oleh (PERDES) Peraturan Desa.

BUMDes Pondasi Pergerakan Ekonomi Desa
NET
Ilustrasi 

Citizen Reporter
Direktur Badan Usaha Milik Desa Lamolda
Alo, S.Pd

BUMDes Pondasi Pergerakan Ekonomi Desa

BENGKAYANG- Direktur Badan Usaha Milik Desa Lamolda, Kecamatan Lumar, Kabupaten Bengkayang, Alo, S.Pd berharap kepada kepala Desa terpilih nantinya dalam kontestan Pilkades serentak 19 Desember 2019 mendatang.

Untuk membentuk BUMDes sebagai pondasi pergerakan ekonomi di desa. 

Pemerintah mendorong desa dapat membentuk badan usaha di desa yang kemudian nantinya badan usaha ini akan menjadi kekuatan pemerintahan desa untuk membangun desanya.

Baca: Kuliner Raja-raja Karya Linda Novianti Juara 1 Nasional untuk Penguatan BUMDes

Baca: Untan Siap Bekerjasama dan Mensupport Managemen BumDes dan Desa Mandiri

Sehingga pemerintahan desa tidak hanya terpaku dan ketergantungan dari bantuan pemerintah dalam menjalankan roda pemerintahanya.

"Kepala desa mestinya tidak hanya terpokus pada bangunan fisik semata, pengerakan badan usaha desa mestinya menjadi prioritas yang utama karna nantiknya akan bemberikan energi positif bagi pendapatan asli desa (PADes)" katanya. 

Pemerintah daerah kabupaten kota Pemerintah Daerah Provinsi, dan Pemerintah Desa mendorong perkembangan BUMDes dengan, memberikan hibah dan/atau akses permodalan.

Melakukan pendampingan teknis dan akses ke pasar dan memprioritaskan BUMDes dalam pengelolaan sumber daya alam di Desa.

Hal ini bertujuan semata-mata untuk kemajuan dan keberhasilan BUMDes itu sendiri yang akan berdampak baik bagi kesejahteraan masyarakat diDesa dan menjadikan Desa itu mandiri.

Halaman
12
Penulis: Anesh Viduka
Editor: Wahidin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved