Kabinet Indonesia Maju

Wakili 3 Kelompok Minoritas di Indonesia, Surya Tjandra Jadi Wamen Satu-satunya dari Partai PSI

Presiden Jokowi menunjuk Surya Tjandra sebagai Wakil Menteri (Wamen) Agraria dan Tata Ruang membantu Sofyan Jalil.

TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Surya Tjandra-TRIBUNNEWS/HERUDIN 

Wakili 3 Kelompok Minoritas di Indonesia, Surya Tjandra Jadi Wamen Satu-satunya dari Partai PSI

Presiden Jokowi menunjuk Surya Tjandra sebagai Wakil Menteri (Wamen) Agraria dan Tata Ruang membantu Sofyan Jalil.

Sebagai satu-satunya Kader Partai Solidaritas Indonesia (PSI) yang masuk dalam Kabinet Indonesia Maju tentu hal ini menjadi sebuah prestasi tersendiri.

Terlebih, Surya Tjandra di sebut-sebut sebagai bagian kabinet Jokowi-Ma'ruf Amin yang mewakili tiga kelompok minoritas di  Indonesia.

Pertama, Surya Tjandra adalah keturunan Tionghoa yang berasal dari keluarga sederhana.

 

Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang Surya Tjandra sebelum acara pelantikan Wakil Menteri Kabinet Indonesia Maju di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (25/10/2019). Presiden Joko Widodo resmi melantik 12 Wakil Menteri Kabinet Indonesia Maju. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang Surya Tjandra sebelum acara pelantikan Wakil Menteri Kabinet Indonesia Maju di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (25/10/2019). Presiden Joko Widodo resmi melantik 12 Wakil Menteri Kabinet Indonesia Maju. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN (TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN)

Kedua, Surya berasal dari nonmuslim. Namun Surya Tjandra justru menjadi sosok pribadi yang kuat dan bertoleransi tinggi.

Pria kelahiran 28 Maret 1971 ini juga menjadi wakil difabel dengan disabilitas daksa polio satu-satunya di Kabinet Indonesia Maju.

Ketiga, Surya juga sebagai penyandang disabilitas. Akun twitter PSI menulis soal prestasi Surya sebagai penyandang disabilitas yang pernah lolos seleksi capim KPK hingga seleksi 10 nama terakhir.

Surya menderita polio di kaki kirinya sejak berusia 6 bulan.

Meski begitu pria yang akrab di sapa Surtjan ini memiliki tekad yang besar untuk memperbaiki perekonomian keluarganya.

Dikutip dari psi.id, dalam mendidik anak-anaknya, orangtua Surya selalu mendorong untuk tekun dalam mengapai cita-cita tapi juga memberikan kebebasan yang cukup untuk memilih sendiri apa yang ingin dicapainya.

Halaman
1234
Editor: Madrosid
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved