TRIBUNWIKI

SEJARAH Perubahan Nama dan Status Universitas Tanjungpura (Untan) Pontianak

Nama awal Untan adalah Universitas Daya Nasional yang disepakati dari rapat tokoh pendiri yang diadakan di Rumah Edhhy Kresno

SEJARAH Perubahan Nama dan Status Universitas Tanjungpura (Untan) Pontianak
TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Gedung Universitas Tanjungpura 

SEJARAH Perubahan Nama dan Status Universitas Tanjungpura (Untan) Pontianak

PONTIANAK - Sebelum dikenal dengan nama Universitas Tanjungpura Pontianak yang biasa di singkat Untan, Universitas terbesar di Kalbar ini sempat berganti nama beberapa kali.

Nama awal Untan adalah Universitas Daya Nasional yang disepakati dari rapat tokoh pendiri yang diadakan di Rumah Edhhy Kresno, Jalan Sulawesi Nomor 13 Pontianak pada 1958.

Pada rapat yang berlangsung selama dua jam tercetus tiga nama Universitas yang di usulkan yaitu Universitas Haji Rais yang di ambil dari nama tokoh perintis kemerdekaan, Universitas Gusti Sulung Lelanang yang juga merupakan tokoh perintis kemerdekaan, dan Universitas Daya Nasional atas usul Raden Wariban.

Baca: Ternyata Universitas Tanjungpura (Untan) Pontianak Berdiri Dengan Modal Minim, Segini Modal Awalnya

Dipilihnya nama Daya Nasional diterjemahkan sebagai kekuatan nasional yang dimaksudkan bahwa Perguruan Tinggi hidup dan berkembang dalam pangkuan masyarakat dengan kata daya memiliki arti kekuatan (power).

Universitas Tanjungpura awalnya bernama Universitas Daya Nasional yang didirikan oleh yayasan Perguruan Tinggi Daya Nasional dengan status "terdaftar", dan status ini mempermudah proses penegerian yang didasari oleh keputusan MPRS yang menetakpan setiap daerah Tk(tingkat) I harus dibangun sebuah Universitas.

Proses perubahan nama dan status negeri dengan catatan bahwa yayasan dapat meneruskan pembangunan rumah - rumah dosen tetapi gedung Universitas, karena Departemen Perguruan Tinggi dan Ilmu Pengetahuan (PTIP) sudah mempunyai rencana tersendiri untuk membangun gedung yang telah diputuskan oleh MPRS.

Baca: Ini Loh Alamat Gedung Perkuliahan Pertama Universitas Tanjungpura (Untan) Pontianak

Perubahan nama Universitas sendiri terjadi sebanyak tiga kali yang ditetapkan oleh Surat Keputusan Menteri Perguruan Tinggi dan Ilmu Pengetahuan (PTIP) nomot. 53/thn 1963 tanggal 16 Mei 1963, dan pada 20 Mei 1963, Universitas Daya Nasional telah resmi menjadi Universitas Negeri Pontianak (UNEP).

Nama ini kemudian diubah seiring perkembangan politik di Indonesia masa itu melalui Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor. 278/tahun 1965, tertanggal 14 September 1965 Universitas Negeri Pontianak berubah menjadi Universitas Dwikora.

Setelah berjalan selama hampir dua tahun dengan nama Universitas Dwikora, perubahan nama Universitas kembali terjadi pada 1967 melalui Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia No. 171 tahun 1967 terhitung sejak 11 Oktober 1967 yaitu Universitas Tanjungpura yang biasa disingkat UNTAN yang kemudian digunakan hingga saat ini.

Adapun Rektor Untan pertama adalah Letnn Kolonel CKH. Muhammad Isya, SH, yang diangkat berdasarkan Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia No. 39/14/tahun 1969 tertanggal 21 Maret 1969.

Baca: DAFTAR Nama 25 Pendiri Universitas Tanjungpura Pontianak

Update berita pilihan
tribunpontianak.co.id di WhatsApp
Klik > http://bit.ly/whatsapptribunpontianak

Penulis: Ni Made Gunarsih
Editor: Maskartini
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved