TRIBUNWIKI

Ini Loh Alamat Gedung Perkuliahan Pertama Universitas Tanjungpura (Untan) Pontianak

Untan Pontianak yang biasa di sebut Untan saat ini berada di Jalan Prof Dr H Hadari Nawawi, Bansir Laut, Kecamatan Pontianak Tenggar

Ini Loh Alamat Gedung Perkuliahan Pertama Universitas Tanjungpura (Untan) Pontianak
TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Gedung pertama Untan atau saat itu dikenal dengan Universitas Daya Nasional 

Ini Loh Alamat Gedung Perkuliahan Pertama Universitas Tanjungpura (Untan) Pontianak

PONTIANAK - Universitas Tanjungpura Pontianak yang biasa di sebut Untan saat ini berada di Jalan Prof Dr H Hadari Nawawi, Bansir Laut, Kecamatan Pontianak Tenggara, Kota Pontianak, Kalimantan Barat.

Berada di tengah kota Pontianak memudahkan kita untuk menemukan lokal kampus dengan tugu gigulis sebagai patokan atau biasa dikenal dengan bundaran Untan.

Baca: DAFTAR Nama 25 Pendiri Universitas Tanjungpura Pontianak

Tapi tak banyak yang tahu sebelum berada di lokasi seluas 453,17 km, letak gedung perkuliahan pertama Untan yang saat itu di kenal dengan Universitas Daya Nasional diadakan di lantai dua gedung milik "Jajasan (yayasan) Fong Pak Fu Tang".

Yayasan tersebut merupakan sebuah perkumpulan dagang dan badan sosial dari suku Hakka yang terletak di Jalan Raya Nomor 17 yang kini bernama Jalan Tanjungpura yang kini berdiri Gedung Bank Dagang Negara cabang Pontianak.

Gedung Jajasan ini dipilih mengingat Universitas Daya Nasional (saat itu) Untan memerlukan sekretariat dan ruang kuliah tetap.

Maka Gubernur saat itu, J C Oevaang Oeray sekaligus ketua yayasan melakukan negosiasi kepada pihak Jajasan Fong Pak Fu Tang karena menyadari bahwa digunakan untuk kepentingan umum.

Baca: Daftar Fakultas Jenjang S3 dan Profesi di Universitas Tanjungpura

Penyerahan ini sendiri terjadi secara sukarela oleh pihak Jajasan mengingat amanat para pendiri bahwa gedung tidak boleh diperjualbelikan.

Tetapi bila pemerintah memerlukan maka pihak yayasan bersedia menyerahkan tanpa transaksi.

Meski begitu, yayasan pengurus Universitas Tanjungpura (Daya Nasional) memberikan pengantian sebesar Rp 8.000.000,- ( delapan juta rupiah) kepada pihak Jajasan Fong Pak Fu Tang.

Hal tersebut untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan dikemudian hari dan uang yang diberikan bukan sebagai bayaran tapi di anggap sebagai sumbangan.

Gedung perkuliahan ini mulai beroperasi sejak dikeluarkan akta notaris pada 1959 dengan 45 buah kursi kuliah serta beberapa kelengkapan perkuliahan lainnya yang diperoleh dari sumbangan Ismail Hamzah.

Update berita pilihan
tribunpontianak.co.id di WhatsApp
Klik > http://bit.ly/whatsapptribunpontianak

Penulis: Ni Made Gunarsih
Editor: Maskartini
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved