Kubu Raya Miliki Potensi Mangrove Terbaik, Muda Dukung Desa Wisata Kupah

Mudah-mudahan kolaborasi bersama masyarakat dan pemuda di desa menjadikan mereka sadar dan fokus," jelas Muda.

Kubu Raya Miliki Potensi Mangrove Terbaik,  Muda Dukung Desa Wisata Kupah
tribun pontianak
BANKING - Bupati Kubu Raya, Muda Mahendrawan bersama Banking Learning Centre (BLC) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kota Pontianak, Sabtu (28/9/2019). TRIBUN/INA 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Septi Sabrina

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, KUBU RAYA - Kabupaten Kubu Raya memiliki hutan mangrove terluas dan terlengkap. Tak hanya itu, potensi magrove tersebut pernah mendapat predikat terbaik di dunia menurut versi majalah Linkers Citylink edisi Maret 2016 dan Ekspress Air Magazine.

Bupati Kubu Raya, Muda Mahendrawan menyebut mangrove memiliki banyak manfaat. Seperti mencegah intrusi air laut, mencegah erosi dan abrasi pantai, pencegah dan penyaring alami, tempat hidup sejumlah satwa, dan pembentuk pulau serta penstabil daerah pesisir.

"Mangrove ini adalah anugerah bagi kita. Ketika daratan sudah semakin terkikis, orang akan panik dan barulah menanam mangrove," ujar Muda, Sabtu (28/9/2019).

Lebih lanjutnya, mangrove di Kubu Raya merupakan mangrove terluas kedua di Indonesia. Bahkan satu di antara yang terlengkap di Asia Tenggara (Asean).

Selain itu, pengembangan wisata juga menjadi peluang besar serta berdampak positif kepada daerah-daerah lainnya di Kalimantan Barat.

"Sekarang ini, kita telah kembangkan desa-desa menjadi destinasi wisata. Mudah-mudahan kolaborasi bersama masyarakat dan pemuda di desa menjadikan mereka sadar dan fokus," jelas Muda.

Baca: Putri Herlyanti Volunter Kampoeng Ingris, Panggilan Jiwa

Baca: Cegah Stres Pensiunan PNS, BKPSDM Kubu Raya Berikan Pembekalan

Baca: Fashion Desaign Competition 2019, Adu Kreatif Desainer Muda Kota Pontianak

Membangun wisata desa, diperlukan kreativitas dan inovasi. Di era digital saat ini, semua dibtuntut untuk serba cepat. "Mahasiswa dan pemuda harus cekatan dan fokus pada solusi," pesan Muda kepada mahasiswa.

Bupati Muda Mahendrawan juga mengapresiasi kegiatan peluncuran Desa Wisata Syariah binaan Banking Learning Centre (BLC) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Pontianak di Desa Sungai Kupah, Kecamatan Sungai Kakap, Kubu Raya.

"Ini menggerakkan pemuda, mahasiswa, dan kalangan inteletual pendidik, bagaimana memberikan semangat kepada masyarakat desa dengan cara yang masif," ujar Muda.

Halaman
12
Editor: Didit Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved