KPU RI Pastikan untuk DPRD Provinsi Kalbar Tak Ada Polemik

Pada 12 Agustus 2019 lalu, KPU Kalbar menetapkan 65 calon terpilih DPRD Kalbar pasca putusan MK, termasuk Cok Hendri Ramapon.

KPU RI Pastikan untuk DPRD Provinsi Kalbar Tak Ada Polemik
TRIBUPONTIANAK.CO.ID/RIDHO PANJI PRADANA
Komisioner KPU RI, Viryan Aziz 

KPU RI Pastikan untuk DPRD Provinsi Kalbar Tak Ada Polemik

PONTIANAK - Komisioner KPU RI, Viryan Aziz memastikan jika tak ada lagi polemik antar sesama caleg atau anggota DPRD Provinsi Kalbar terpilih.

Seperti diketahui, sebelumnya polemik antar caleg Gerindra yakni Hendri Makaluasc dan Cok Hendri Ramapon untuk dapil 6, Sanggau-Sekadau DPRD Provinsi terus bergulir.

Pada 12 Agustus 2019 lalu, KPU Kalbar menetapkan 65 calon terpilih DPRD Kalbar pasca putusan MK, termasuk Cok Hendri Ramapon.

Kemudian pada 5 September 2019, KPU Kalbar menetapkan Hendri Makaluasc sebagai caleg terpilih menggantikan Cok Hendri Ramapon pasca putusan Bawaslu RI.

Baca: Belum Dilantik, Hendri Makaluasc Gantikan Cok Hendri Ramapon Sebagai Anggota DPRD Kalbar Terpilih

Baca: Prabasa Anantatur, Wakil Ketua DPRD Kalbar Periode 2019-2024 dari Golkar

Keputusan tersebut ternyata dianulir KPU melalui rapat pleno di KPU RI, Jakarta, dan mencabut penetapan Hendri Makaluasc.

Dengan demikian, Cok Hendri Ramapon tetap sebagai caleg terpilih dari Partai Gerindra di Dapil Kalbar 6

"Buat KPU tidak ada polemik karena keputusan yang final dan mengikat adalah putusan Mahkamah Konstitusi, tidak bisa lembaga manapun lainnya kemudian membatalkan itu," kata Viryan, Minggu (29/09/2019) kepada Tribun.

"Kalau ada upaya yang masih mempolemikkan, silahkan saja bagi hak warga negara kemudian ingin mempertanyakan, tapi sekali lagi lihat UU 7 tahun 2017 menegaskan terhadap PHPU putusan MK final dan mengikat," timpalnya.

KPU, lanjut dia, berpegang kepada bukan kepada hal lain kecuali regulasi yang sudah ada.

Halaman
12
Penulis: Ridho Panji Pradana
Editor: Wahidin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved