PMII, IPNU dan IPPNU di Mempawah Gelar Salat Minta Hujan dan Bagikan Masker

PMII, IPNU dan IPPNU serta ratusan Santri, di halaman Ponpes Riyadussholihin menggelar salat istisqa, sekaligus membagikan masker

PMII, IPNU dan IPPNU di Mempawah Gelar Salat Minta Hujan dan Bagikan Masker
TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Foto bersama usai melaksanakan salat istisqa dan pembagian masker kepada masyarakat, Rabu (18/9/2019) pagi 

PMII, IPNU dan IPPNU di Mempawah Gelar Salat Minta Hujan dan Bagikan Masker

Citizen Reporter, PMII Kabupaten Mempawah, Astif

MEMPAWAH - PMII, IPNU dan IPPNU serta ratusan Santri, di halaman Ponpes Riyadussholihin menggelar salat istisqa, sekaligus membagikan masker di depan SPBU Desa Pasir, Rabu (18/8/2019) pagi.

Salat istisqa dilakukan untuk meminta hujan melihat kondisi Kalimantan Barat khususnya Kabupaten Mempawah diselimuti kabut asap akibat kebakaran lahan yang semakin meluas.

Dengan menggunakan masker dengan pakaian almamater OKP serta baju seragam santri tampak khusuk dalam melaksanakan salat istisqa.

Baca: VIDEO: Jamiril Sebut Ada 681 Orang Terserang ISPA di Kabupaten Mempawah

Bertindak sebagai Imam salat adalah Kyai Matjuri SH.I sementara khatibnya adalah Ustaz Sakur Alfarisi.

Sesuai aturan syariat, salat minta hujan dilaksanakan dua rakaat, dan suasana mulai terlihat mendung dengan menunjukan ada indikasi akan turun hujan. Namun kabut asap masih terlihat tebal.

Disampaikan Kyai Matjuri, bahwa salat istisqa yang hukumnya sunnah muakkadah atau salat sunnah yang sangat dianjurkan, ketika terjadi kemarau, sebagai salah satu media dalam syariat Islam dalam mengatasi kekeringan atau meminta turunnya hujan

"Mendekatkan diri kepada Allah Swt, berserah diri dan bertawakkal memohon agar Allah mengijabah permintaan kami, menurunkan hujan di Kalimantan Barat," tuturnya.

Baca: MoU dengan Pemkab Kubu Raya, Antoni: Kejari Mempawah Tetap Jalankan Tugas Sesuai Undang-Undang

Terpisah, Shabati Rika selaku koordinator kegiatan juga mengatakan bahwa pihaknya akan membagikan masker sekitar 500  masker, yang akan dibagikan ke pengguna jalan dengan titik pembagian didepan SPBU Desa Pasir.

"Masker yang akan kami bagikan kami peroleh dari beberapa instansi diantaranya Dinas Mesehatan, Dinas Sosial dan Polsek Mempawah Hilir dengan mengajukan proposal permohonan bantuan masker terlebih dahulu, dan alhamdulillah partisipasi dari instansi yang bersangkutan sesuai dengan yang kami ajukan," ujarnya.

Haris Rosi, Ketua IPNU Kabupaten Mempawah juga menyampaikan bahwa kegiatan ini semata dilaksanakan karna terpanggil jiwanya melihat realita udara yang sangat buruk oleh kabut asap sehingga ia merasa prihatin dengan aktifitas siswa yang terpaksa harus diliburkan.

"Kalau sampai berlarut lama keadaan seperti ini maka akan menggangu proses belajar mengajar di sekolah," timpalnya.

Baca: KPU Mempawah Salurkan Santunan Rp 36 Juta ke Ahli Waris Petugas KPPS

Senada, Ketua Rayon Habib Husin PMII Mempawah, Faisal Amin juga menyampaikan ajakan kepada masyarakat agar menghentikan pembakaran dan mengurangi aktifitas diluar, juga kepada pemerintah ia berharap agar penanganan dalam menyelesaikan masalah ini tidak kendur walaupun banyak kendala yang dihadapi.

Penulis: Ya'M Nurul Anshory
Editor: Maskartini
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved