POAR Bersama BPBD Landak Bagikan 2000 Masker

2000 masker yang dibagi-bagikan tersebut, diharapakan dapat mencegah terjadi penyakit pernapasan, akibat bencana asap.

POAR Bersama BPBD Landak Bagikan 2000 Masker
TRIBUNPONTIANAK/Alfon Pardosi
Komunitas POAR membagikan masker di Bundaran Pal 2 Ngabang pada Jumat (20/9/2019) siang. 

POAR Bersama BPBD Landak Bagikan 2000 Masker

LANDAK - Bencana kabut asap yang masih juga belum reda di Kabupaten Landak membuat beberapa pihak merasa prihatin.

Satu diantaranya adalah Komunitas Persatuan Orang Ahe Raya (POAR), yang kemudian membagi-bagikan masker gratis kepada pengendara yang melintas di Bundaran Pal 2 Ngabang pada Jumat (20/9/2019).

2000 masker yang dibagi-bagikan tersebut, diharapakan dapat mencegah terjadi penyakit pernapasan, akibat bencana asap yang masih saja mencemari kualitas udara.

"Iya ini sebagai kepedulian kita untuk bersama-sama mencegah penyakit pernapasan dengan menggunakan masker," ujar Ketua POAR Shanto Babaro didampinggi Yudi selaku pengurs POAR disela-sela membagikan masker.

Baca: Polusi Asap Makin Pekat, Dewan Sanggau Harap Instansi Siapkan Oksigen Gratis

Baca: Karang Taruna Desa Sungai Toman Bagikan Masker pada Masyarakat di Sungai Toman

Disampaikannya, meski asap masih pekat dan kualitas udara dinyatakan tidak sehat. Tapi masih ada masyarakat yang kurang peduli dengan kesehatannya.

"Dengan membagikan masker berkat kerjasama dengan BPBD Landak dan Dinas Kesehatan ini, kita ingin kembali mengingatkan masyarakat untuk menjaga kesehatan," katanya.

Dirinya pun berharap agar segera turun hujan untuk menghilangi asap. "Mari kita juga berdoa agar segera turun hujan, sehingga asap segera lenyap," ungkap Shanto.

Sementara itu Kasi Pencegahan BPBD Landak Cornelius Kuet yang juga ikut membagikan masker menambahkan, bencana kabut asap saat ini memang masih pekat. Untuk di Landak sendiri titik api sebenarnya sudah minim.

"Jadi asap ini adalah kiriman dari daerah lain yang sudah terakumulasi. Sehingga kita di Landak termasuk menjadi daerah yang terdampak asap kiriman tersebut," ungkapnya.

Kuet juga menghimbau kepada para orang tua agar lebih memperhatikan anak-anaknya. "Orang tua agar dapat menjaga anak-anaknya untuk tidak sering bermain di luar rumah dan selalu menggunakan masker," harapnya.

Pantauan Tribun di lapangan, setidaknya ada belasan anggota POAR yang membagikan masker. Masyarakat pun menyambut baik kegiatan tersebut, dengan mengambil masker yang diberikan. (*)

Update berita pilihan
tribunpontianak.co.id di WhatsApp
Klik > http://bit.ly/whatsapptribunpontianak

Penulis: Alfon Pardosi
Editor: Wahidin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved