Polres Sintang Segel Lahan Terbakar Milik PT SAM, 10 Perusahaan Lainnya Bakal Menyusul

Kapolres Sintang AKBP Adhe Hariadi mengatakan pihaknya hingga saat ini telah mengantongi 15 perusahaan yang akan segera dilakukan proses penyegelan.

Polres Sintang Segel Lahan Terbakar Milik PT SAM, 10 Perusahaan Lainnya Bakal Menyusul
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ISTIMEWA
Seluruh Stakeholder yang hadir pada pelaksanaan penyegelan lahan kelapa sawit milik PT. Sintang Agro Mandiri, di Dusun Mulung, Desa Lengkenat, Kecamatan Sepauk, Kabupaten Sintang, Selasa (17/9/2019). 

Diduga Sebagai Penyebab Kabut Asap, Lahan Terbakar Milik PT. Sintang Agri Mandiri Disegel Polres Sintang

SINTANG - Diduga sebagai satu diantara penyebab kabut asap di Kabupaten Sintang. Lahan Perkebunan Kelapa Sawit yang terbakar seluas 4,7 hektare, milik PT Sintang Agro Mandiri (PT SAM) disegel oleh pihak Kepolisian Resort Sintang, Selasa (17/9/2019) sore.

Adapun dalam pelaksanaan pengecekan dan pemasangan spanduk larangan beraktivitas apapun di Lokasi Lahan Perkebunan Kelapa Sawit, milik PT SAM itu berada di Dusun Mulung, Desa Lengkenat Kecamatan Sepauk, Kabupaten Sintang

Kapolres Sintang AKBP Adhe Hariadi mengatakan pihaknya hingga saat ini telah mengantongi 15 perusahaan yang akan segera dilakukan proses penyegelan. 

Lantaran diduga telah melakukan tindak pidana pembakaran hutan dan lahan di wilayah konsesi. 

Baca: Perhotelan di Kabupaten Sintang Merugi, Dampak Kabut Asap

Baca: Dinas Kesehatan Sintang Sediakan 4 Mobil Oksigen, Antisipasi Pengendara Sesak Nafas di Jalan

"Saat ini kita sudah melakukan penyegelan di lima perusahaan dan masih ada 10 perusahaan yang akan segera disegel," ujarnya.

Selain mendatangi lokasi kejadian dan memasang spanduk penyegelan. Polres Sintang juga meminta kepada pihak di PT SAM untuk dapat menjaga dan memantau setiap Lokasi Perkebunan yang rawan terbakar.

Sedangkan untuk rencana tindak lanjut dari penyegelan itu. Kepolisian Resort Sintang akan melakukan pemeriksaan terhadap penanggung Jawab Perusahaan, dalam hal ini PT SAM selaku pemilik lahan yang terbakar.

Selanjutnya melakukan pemeriksaan saksi-saksi lainnya. Melakukan Koordinasi dengan Saksi Ahli terkait (BPN, Perkebunan, LH, BMKG) dan melakukan gelar perkara awal dan melaporkan hasil gelar perkara awal. 

Baca: Penjaringan Bakal Cakada PDIP Sintang Ditutup, Ada Nama Jarot dan Jeffray!

Baca: Daftar Calon Bupati, Jeffray Edward Siap Bertarung di Pilkada Kabupaten Sintang 2020

Hadir dalam Kegiatan tersebut stakeholder terkait diantaranya, Kepala Dinas Penataan Ruang dan Pertanahan Kabupaten Sintang Hendri Harahap yang mewakili Bupati Sintang, Kapolres Sintang AKBP Adhe Hariadi, Kabag Ops Polres Sintang Kompol Koster Pasaribu, Kasat Intel Polres Sintang AKP Wiwin S Arifin.

Kemudian Kasat Reskrim Polres Sintang AKP Indra Asrianto, Camat Sepauk  Cinghan, Kapolsek Sepauk IPTU Suwaris, Koramil Sepauk, Corporate Perusahaan PT SAM Chiang li, Plt Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sintang Yasser Arafat dan Humas PT SAM, Sintu. (Marpina Sindika Wulandari) 

Update berita pilihan tribunpontianak.co.id di WhatsApp
Klik > http://bit.ly/whatsapptribunpontianak

Editor: Ishak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved