164 PAUD di Pontianak Terima Bantuan Hibah dari Pusat Rp 7,2 Miliar

Sebanyak 164 Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Taman Kanak-kanak (TK) dan Kelompok Bermain (KB) di Kota Pontianak menerima Bantuan Operasional.

164 PAUD di Pontianak Terima Bantuan Hibah dari Pusat Rp 7,2 Miliar
TRIBUNPONTIANAK/Istimewa
Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono menyerahkan bantuan pada pengelola PAUD, di Aula Sultan Syarif Abdurrahman (SSA) Kantor Wali Kota Pontianak, Selasa (17/9). 

Citizen Reporter
Humas Pemkot Pontianak
Jimmy Ibrahim

164 PAUD di Pontianak Terima Bantuan Hibah dari Pusat Rp 7,2 Miliar

PONTIANAK - Sebanyak 164 Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Taman Kanak-kanak (TK) dan Kelompok Bermain (KB) di Kota Pontianak menerima Bantuan Operasional.

Bantuan Operasional tersebut bersumber dari dana hibah pemerintah pusat, kemudian disalurkan ke kelompok-kelompok atau lembaga yang menyelenggarakan pendidikan di masyarakat seperti TK/PAUD maupun Kelompok Bermain.

Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono mengatakan BOP PAUD ini disalurkan untuk meningkatkan kualitas atau operasional dari penyelenggara PAUD/TK dan Kelompok Bermain, baik yang diselenggarakan oleh PKK maupun masyarakat.

"Karena ini sangat penting untuk mengantarkan anak usia dini menjadi anak-anak yang tangguh, cerdas dan kreatif serta berakhlak mulia dan Budi pekerti," ujarnya usai menyerahkan secara simbolis BOP PAUD di Aula Sultan Syarif Abdurrahman (SSA) Kantor Wali Kota Pontianak, Selasa (17/9).

Baca: Pos Kotis Satgas Pamtas 643 Diserbu Anak-anak PAUD Wanara Sakti

Baca: Udara Tidak Sehat, Sekolah PAUD, SD, dan SMP di Mempawah Diliburkan

Ia menilai, keberadaan PAUD sangat penting untuk mendidik anak-anak menjadi anak yang cerdas dan kreatif.

Tahun 2019 ini jumlah PAUD yang sudah diverifikasi oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Pontianak sebanyak 164 PAUD.

"TK/PAUD atau Kelompok Bermain yang menerima adalah PAUD mandiri atau swasta," ungkapnya.

Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Kota Pontianak, Hendro Subekti menjelaskan, dana hibah dari pemerintah pusat tersebut untuk tahun 2019 ini senilai Rp7,2 miliar.

Nilai itu berdasarkan usulan dari masing-masing PAUD. Menurut data, tahun 2017 hingga 2019 tercatat ada penurunan penerimaan bantuan hibah.

Hal ini lantaran beberapa PAUD sudah mampu membiayai operasionalnya masing-masing.

"Jadi kalau mereka merasa sudah cukup dengan biaya operasional yang mereka punya, mereka tidak akan mengusulkan," pungkasnya. (*)

Update berita pilihan
tribunpontianak.co.id di WhatsApp
Klik > http://bit.ly/whatsapptribunpontianak

Penulis: Syahroni
Editor: Wahidin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved