Marak Reksadana Investor Tunggal, OJK Lakukan Pengawasan, Dana Kelolaan Capai Rp 190-an Triliun

Direktorat Pengelolaan Investasi mencatat terdapat 2.158 reksadana dengan nilai dana kelolaan mencapai Rp 536,52 triliun

Marak Reksadana Investor Tunggal, OJK Lakukan Pengawasan, Dana Kelolaan Capai Rp 190-an Triliun
KOMPAS.COM
Reksa Dana 

Marak Reksadana Investor Tunggal, OJK Lakukan Pengawasan, Dana Kelolaan Capai Rp 190-an Triliun

Direktorat Pengelolaan Investasi mencatat terdapat 2.158 reksadana dengan nilai dana kelolaan mencapai Rp 536,52 triliun.

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) melakukan pengawasan terhadap transaksi efek dalam portofolio investasi reksadana yang dimiliki oleh investor tunggal.

Hal ini seiring adanya penemuan tingginya tingkat aktivitas pemanfaatan reksadana sebagai sarana perbaikan pembukuan atau financial engineering oleh sejumlah pihak.

Baca: OJK Sebut 12 Unit Usaha Syariah Tak Penuhi Syarat Spin Off

Dilansir dari Kontan.co.id terdapat 689 reksadana yang dimiliki investor tunggal dengan nilai dana kelolaan sebesar Rp 190,82 triliun.

Adapun 621 reksadana di antaranya merupakan reksadana investor tunggal dengan portofolio investasi lebih dari satu efek atau non tunggal. Dana kelolaan reksadana seperti ini sebesar Rp 181,38 triliun.

Baca: Michael Jeno Nilai Banyak Penyalahgunaan Fintech di Kalbar, Minta OJK Edukasi Masyarakat

Di samping itu, terdapat 68 reksadana investor tunggal dengan portofolio investasi tunggal atau hanya satu efek. Total dana kelolaan reksadana ini mencapai Rp 9,44 triliun.

Dari situ, OJK merasa perlu melakukan peninjauan kembali terhadap keberadaan reksadana dengan investor tunggal tersebut.

Selama masa peninjauan kembali berlangsung, manajer investasi dilarang menerbitkan reksadana dengan investor tunggal.

Manajer investasi yang telah melakukan pengelolaan terhadap reksadana dengan investor tunggal, maka wajib menyampaikan surat pernyataan kepada OJK dalam jangka waktu paling lambat 10 hari sejak imbauan tersebut diberlakukan.

Baca: Dialog Ekonomi Digital, OJK Imbau Masyarakat Agar Waspada Investasi

Surat ini berisi nama reksadana investor tunggal, jumlah dana kelolaan, dana nama portofolio efek yang terdapat di dalamnya serta pernyataan untuk tidak melakukan penambahan portofolio efek.

OJK menyebut, kebijakan ini berlaku bagi semua jenis reksadana termasuk reksadana syariah. Pengecualian diberlakukan untuk investasi yang dilakukan oleh pemodal tax amnesty.

Artikel ini telah tayang di Kontan dengan judul Reksadana investor tunggal marak, OJK lakukan pengawasan https://investasi.kontan.co.id/news/reksadana-investor-tunggal-marak-ojk-lakukan-pengawasan

Update berita pilihantribunpontianak.co.id di WhatsApp
Klik > http://bit.ly/whatsapptribunpontianak 

 
Editor: Maskartini
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved