KPI Sanksi 14 Program Siaran TV & Radio: Ada The Spongebob Squarepants Movie & Promo Film 'Gundala'

KPI Sanksi 14 Program Siaran TV & Radio: Ada The Spongebob Squarepants Movie & Promo Film 'Gundala'

KPI Sanksi 14 Program Siaran TV & Radio: Ada The Spongebob Squarepants Movie & Promo Film 'Gundala'
theodysseyonline.com
Ilustrasi The Spongebob Squarepants Movie 

Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) memberikan sanksi atas 14 program siaran di televisi Indonesia dan radio, Kamis (5/9/2019).

Sanksi yang diberikan KPI berbentuk surat teguran tertulis, karena kedapatan melanggar aturan Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran (P3-SPS) KPI tahun 2012.

Melansir situs resmi KPI, dari ke-14 program siaran yang diberi sanksi di antaranya "Big Movie Family: The Spongebob Squarepants Movie" GTV, dan Promo Film "Gundala" TV One.

Menurut Wakil Ketua KPI Pusat, Mulyo Hadi Purnomo, jenis pelanggaran yang ditemukan di antaranya terkait adanya muatan kekerasan, kesurupan, horor, pemanggilan arwah, konflik pribadi, dialog dan gerakan sensual.

Selain itu juga ditemukan adanya ungkapan kasar, penayangan identitas pelaku pelecehan seksual, adegan berbahaya, privasi, dan pelecehan status kelompok tertentu.

Menurut KPI, penayangan adegan kesurupan, adanya penampakan menyeramkan serta proses pemanggilan arwah di luar jam tayang sebagaimana tertuang dalam peraturan sangat bertentangan dengan SPS tentang pelarangan program supranatural, horor, dan mistik.

Baca: Ayu Ting Ting & Abdul Rozak Dituding Sindir Istri Raffi Ahmad Nagita Slavina, Semua Terekam Disini!

Baca: Syahrini Blak-blakan Status Jet Pribadi Dulu dan Setelah Dipersunting Reino Barack Mantan Luna Maya

Selain itu, isi program semacam itu mestinya diperuntukkan bagi khalayak dewasa bukan anak dan remaja. 

“Kita tidak ingin muatan tersebut mendorong mereka percaya pada kekuatan paranormal, klenik, dan praktik-praktik seputar supranatural. Perlindungan terhadap kepentingan tumbuh kembang psikologis dan perilaku anak-anak remaja harus dijaga,” kata Mulyo.

KPI juga menemukan adegan kekerasan, pelecehan terhadap status tertentu dan penayangan identitas wajah pelaku serta korban di program pemberitaan.

Pun demikian dengan tayangan dialog dengan muatan  dewasa dalam program “Obsesi” GTV.

Halaman
12
Penulis: Nasaruddin
Editor: Nasaruddin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved