BJ Habibie dan Peran Besarnya di Balik Kelahiran Telkomsel, Bermula di 1993 Saat Jadi Menristek

Tulisan ini kemudian menjadi referensi dari sebuah langkah besar migrasi teknologi dan pengembangan industri seluler analog ke digital di Indonesia

BJ Habibie dan Peran Besarnya di Balik Kelahiran Telkomsel, Bermula di 1993 Saat Jadi Menristek
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ISTIMEWA
Momen di saat Almarhum B.J. Habibie (tengah) mencoba sambungan telepon menggunakan GSM Telkom didampingi Direktur Utama Telkom Setyanto (paling kanan) dan Kepala Proyek Sistem Telekomunikasi Kendaraan Bergerak TelkomGaruda Sugardo (paling kiri) saat itu, pada acara Peresmian Telkomsel GSM di Pulau Batam pada tanggal 2 September 1994. Bapak Habibiemelakukan hubungan telepon dari GSM Telkomsel perdana, dari Batam ke Jakarta dan London. 

BJ Habibie dan Peran Besarnya di Balik Kelahiran Telkomsel, Tandatangani GSM Sebagai Standar Hingga Pelanggan Pertama

JAKARTA – Rakyat Indonesia kembali kehilangan salah satu putra terbaik bangsa.

Pada hari Rabu, 11 September 2019, Presiden RI ke-3 Prof Dr BJ Habibie tutup usia dengan tenang di usianya yang ke-83 tahun. 

Almarhum  Bapak Habibie  juga merupakan sosok  penting dalam sejarah cikal bakal berdirinya Telkomsel di awal tahun 1990-an, yang menjadikannya sebagai salah satu Founding Fathers Telkomsel.

“Inna lillaahi wa innaa ilaihi raaji'uun.  Keluarga besar Telkomsel turut berduka cita yang sedalam-dalamnya  dan merasakan kehilangan yang besar atas kepergian almarhum," ujar Direktur Utama Telkomsel, Emma Sri Martini sebagaimana rilis yang diterima www.tribunpontianak.co.id, Sabtu (14/09/2019).  

Baca: Hari Pelanggan Nasional, Telkomsel Sebar Ragam Hadiah dan Paket Khusus 4G

Baca: Cara Aktifkan Paket Data 4 GB Telkomsel Harga Rp 10, Promo Hari Pelanggan Selama Tiga Hari

"Bapak Habibie merupakan sosok yang penting bagi kami, beliau memiliki hubungan sejarah erat dalam proses beroperasinya teknologi selular  Global System for Mobile Communications (GSM) di Indonesia serta beroperasinya layanan Telkomsel pertama kali di Pulau Batam.” katanya lagi.  

Sejarah hadirnya teknologi GSM di Indonesia hingga berdirinya PT Telekomunikasi Selular tidak dapat dipisahkan dari peran penting almarhum Bapak Habibie.

Pada 14 Juli 1993,  sejumlah direksi PT Telkom menghadap beliau yang saat itu menjabat sebagai Menteri Riset dan Teknologi (Menristek) Republik Indonesia.

Di atas sehelai kertas, beliau menuliskan persetujuan dan penerapan GSM sebagai standar teknologi seluler Indonesia.

Tulisan ini yang kemudian menjadi referensi dari sebuah langkah besar migrasi teknologi dan pengembangan industri seluler analog ke digital di Indonesia. 

Baca: Promo Surprise Deal Dari Telkomsel, Paket Data Internet 4 GB Hanya Rp 10, Murah Meriah!

Baca: Telkomsel Amankan Infrastruktur Jaringan di Nunukan, Dukung Program Digitalisasi Perbatasan

Halaman
12
Penulis: Ishak
Editor: Ishak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved