Pemkab Mempawah Sediakan Lahan Seluas 5 Hektare Untuk Pembangunan Politeknik Industri

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mempawah telah mempersiapkan lahan seluas lima hektar untuk pembangunan Politeknik Industri

Pemkab Mempawah Sediakan Lahan Seluas 5 Hektare Untuk Pembangunan Politeknik Industri
TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Bupati Mempawah, Hj Erlina mendampingi tim dari Kementerian Perindustrian (Kemenperin) meninjau lokasi pembangunan Politeknik Industri,  Rabu (11/9/2019). 

Pemkab Mempawah Sediakan Lahan Seluas 5 Hektare Untuk Pembangunan Politeknik Industri

MEMPAWAH - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mempawah telah mempersiapkan lahan seluas lima hektar untuk pembangunan Politeknik Industri di Kecamatan Mempawah Timur.

Sebagai salah satu Kabupaten di Kalimantan Barat yang dilirik oleh Kementerian Perindustrian (Kemenperin) dalam wacana pembangunan Politeknik Industri, Mempawah diproyeksikan bisa menjadi Kota Pendidikan.

"Jadi untuk lahan pembangunan Politeknik Industri itu sudah ibu siapkan seluas lima hektar, tadi juga sudah ada kunjungan dari kementerian untuk melihat langsung lokasi yang sudah kita sediakan," ujar Bupati Mempawah, Hj Erlina, Rabu (11/9/2019).

"Ibu sangat termotivasi sekali untuk menarik  pembangunan Politeknik Industri ini ke Kabupaten Mempawah supaya kedepannya daerah kota bisa berkembang, sehingga orang-orang bisa lebih mengenal dan Mempawah bisa dijadikan kota pendidikan," tambahnya.

Baca: Pemkab Kubu Raya Liburkan Aktivitas Belajar Mengajar di Sekolah

Baca: 900 Hektare Lahan di Ketapang Terbakar, Sebagian Besar Diduga Kuat Faktor Kesengajaan

Baca: Politeknik PU Satu-satunya Politeknik Bidang Konstruksi Berkelas Dunia

Erlina mengatakan, Pemerintah Daerah (Pemda) selalu berupaya maksimal agar bagaimana caranya perwujudan Politeknik Industri bisa dibangun di Kabupaten Mempawah, agar kedepannya sektor pendidikan bisa berkembang pesat.

"Setelah Politeknik Industri nanti apalagi yang bisa dibangun di Membawah akan kita terima dengan baik karena kita juga tidak menyangka mereka dari kementerian datang langsung meninjau lokasi di Kabupaten Mempawah yang sudah kita sediakan," ujarnya.

Erlina mengatakan, usai peninjauan yanh dilakukan oleh Kementerian di Kabupaten Mempawah, akan dilakukan pengkajian oleh mereka terkait lahan yang sudah disiapkan oleh Pemkab Mempawah, kedepan jika sudah ada kepastian maka Pemkab akan mengambil langkah baru.

"Karena memang tidak mudah untuk membangun Politeknik Industri di suatu Kabupaten, harus ada pengkajian harus ada analisis apakah ini bisa digunakan bisa dimanfaatkan dan sebagainya lagipula kita juga harus mempersiapkan diri lebih matang," ujarnya.

Besar sekali berharapan Erlina, setelah mereka melakukan survei di Kabupaten Mempawah, ada hasil baik yang berdampak untuk daerah. Dengan kedatangan mereka di Mempawah kata dia, setidaknya Pemkab bisa memastikan bahwa Kemenperin akan membuka jurusan Diploma I Industri di Mempawah.

"Sisi positifnya mereka dari Kementrian sudah memastikan bahwa tahun depan di Mempawah akan ada Diploma I jurusan industri. Alasan mereka kenapa Diploma I terlebih dahulu karena ini adalah tahap awal, dan kita juga tidak bisa langsung melonjak ke tingkatan yang lebih tinggi karena akan banyak kendala-kendala yang akan mereka hadapi terkait perizinan dan sebagainya," paparnya.

Erlina mengatakan, rancangan ke depan pembangun Politeknik Industri, merupakan salah satu upaya untuk mendukung pembangunan pendidikan di Kabupaten Mempawah sebagai dampak dari dua mega proyek yang ada yakni terminal kijing dan smelter.

"Dampak mega proyek itu nanti akan direkrut SDM dari daerah kita dan akan kita prioritaskan sesuai dengan kebutuhan mereka makanya kita mengupayakan sekali agar Politeknik Industri ini bisa dibangun di Kabupaten Mempawah," pungkasnya. 

Update berita pilihan
tribunpontianak.co.id di WhatsApp
Klik > http://bit.ly/whatsapptribunpontianak

Penulis: Ya'M Nurul Anshory
Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved