Perubahan Cuaca, Puskesmas Semata Bagikan Masker Kepada Pengendara

Untuk mengantisipasi penyakit Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) yang terjadi akibat kabut asap beberapa hari terakhir ini.

Perubahan Cuaca, Puskesmas Semata Bagikan Masker Kepada Pengendara
TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Petugas Puskesmas Semata membagikan masker pada Jumat (6/9/2019) pagi 

Perubahan Cuaca, Puskesmas Semata Bagikan Masker Kepada Pengendara

LANDAK - Untuk mengantisipasi penyakit Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) yang terjadi akibat kabut asap beberapa hari terakhir ini.

Puskesmas Semata di bawah komando Pipiyanti SKep Ners beserta stafnya membagikan masker bagi pengendara yang melintas di depan Puskesmas Semata pada Jum’at (6/9/2019) pagi.

Pipiyanti menyampaikan bahwa pembagian masker yang dimulai sejak pukul 07.00 WIB tersebut merupakan inisiatif dari Puskesmas Semata bagi warga sekitar, sekolah dan pengguna jalan.

"Pembagian masker ini kita lakukan mengingat kabut asap beberapa hari ini semakin pekat, maka antisipasi dampaknya dapat menimbulkan penyakit ISPA," ujarnya.

Selain itu, kegiatan ini merupakan inisiatif bersama di Puskesmas Semata, meskipun untuk saat ini belum ada instruksi khusus tapi hal ini tetap dilaksanakan. "Kegiatan ini juga rutin setiap tahun kita buat setiap ada kabut asap," jelas Pipiyanti.

Baca: Pembakaran Hutan di Nanga Taman Masih Dalam Proses Penyelidikan

Baca: Selesai Tugas Negara, Jokowi Jajan dan Makan di Lokasi Ini di Pontianak

Baca: DPRD Dukung Pemkot Alokasikan Cadangan Pangan Bantu Warga Tak Mampu

Sementara itu Bupati Landak dr Karolin Margret Natasa mengapresiasi atas pembagian masker yang dilakukan oleh Puskesmas Semata bagi warga sekitar dan meminta hal tersebut untuk didukung oleh Dinas Kesehatan.

Serta hal serupa dapat dilaksanakan juga oleh puskesmas lainnya. "Apa yang telah dilakukan oleh Puskesmas Semata ini perlu kita apresiasi dan perlu kita dukung oleh Dinas Kesehatan," kata Bupati.

Selain itu diharapkan agar puskesmas lainnya melaksanakan kegiatan serupa bagi warga sekitar, mengingat kabut asap dalam beberapa hari ini meningkat. Dari hasil pantauan beberapa hari ini, kabut asap khususnya di Ngabang memang terlihat meningkat (alf).

Polisi Terus Sosialisasi

Dalam mencegah Karhutla, pihak kepolisian khususnya Polsek Ngabang tiada hari tanpa berburu api untuk penangulangan Karhutla yang hampir dua bulan tanpa putus.

"Kita sudah berjuang juga memadamkan api ke hutan dan lahan, yang kedapatan dengan sengaja di bakar untuk berkebun," ujar Kapolsek Ngabang Kompol B Sembiring.

Meski demikian, pihaknya dalam bertugas harus dibawa happy dan didasari hati yang iklas. Sehingga akan menumbuhkan semangat kerja yang membara, dan akan membuahkan hasil kerja yang maksimal.

"Berbagai upaya pencegahan sudah kami lakukan. Kami harus terus semangat tanpa menyerah, semua pasti ada pahit manisnya dalam melaksanakan tugas," ungkap Kaposek.

Update berita pilihan
tribunpontianak.co.id di WhatsApp
Klik > http://bit.ly/whatsapptribunpontianak

Penulis: Alfon Pardosi
Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved