BPOM Siapkan Pemeriksaan Produk Makanan dan Minuman Yang Masuk Lewat PLBN Entikong

Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI, Penny K Lukito mengunjungi PLBN Entikong, Kecamatan Entikong, Kabupaten Sanggau

BPOM Siapkan Pemeriksaan Produk Makanan dan Minuman Yang Masuk Lewat PLBN Entikong
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/HENDRI CHORNELIUS
Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI, Penny K Lukito bersama pejabat lainya saat foto di tugu pancasila di PLBN Entikong, Kecamatan Entikong, Kabupaten Sanggau, Kamis (5/9/2019). 

BPOM Siapkan Pemeriksaan Produk Makanan dan Minuman Yang Masuk Lewat PLBN Entikong

SANGGAU - Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI, Penny K Lukito mengunjungi PLBN Entikong, Kecamatan Entikong, Kabupaten Sanggau, Kamis (5/9/2019).

Tiba di PLBN Entikong Kepala BPOM RI juga menggelar FGD bersama Instansi Vertikal yang ada di Kecamatan Entikong.

Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI, Penny K Lukito menyampaikan Ini adalah kunjungan yang ketiga di wilayah Kalbar, Yang tujuan untuk memberikan dukungan penuh sesuai tugas dan fungsi Badan POM dalam menjaga masyarakat yang dikaitkan dengan keamanan, mutu dan kualitas dari produk yang nanti akan beredar di wilayah Indonesia.

"Karena kita tahu disetiap perbatasan pasti banyak masuk produk obat dan makanan dari negara tetangga Malaysia. Itu harus kita pastikan yang masuk ke negara kita, walaupun untuk kepentingan pribadi dan bisa jadi juga untuk didistribusikan, kita pastikan aspek keamanan dan mutu, dan kualitasnya, "katanya.

Sehingga, lanjutnya, tidak menggangu aspek kesehatan dan daya saing produk dalam negeri. Jadi tak hanya aspek kesehatan tapi juga aspek perdagangan kita jangan terganggu.

"Malah justru daerah perbatasan ini bagaimana kita bisa membawa produk-produk dari dalam negeri untuk masuk ke negara tetangga kita. Tak hanya produk-produk negara tetangga yang beredar di negeri kita, "ujarnya.

Tadi lanjut Penny, dirinya juga melihat keorganisasian dari PLBN saat ini sudah sangat kuat, baik itu fungsi imigrasi, pabean, bea cukai, pertahanan dan keamanan dan tugas Badan POM bisa ikut mendukung dari fungsi-fungsi tersebut sesuai dengan tugas fungsi BPOM.

Baca: Menuju WBK/WBBM,

Baca: Tandatangani Komitmen, BBPOM di Pontianak Siap Wujudkan WBK dan WBBM

di Pontianak Gelar FGD Peningkatan Pelayanan Publik

Baca: Kampanyekan Keamanan Pangan, Lapak Informasi BBPOM di Pontianak Ramai Dikunjungi Warga

"Akan kita perkuat nanti dengan laboratorium mini. Tadi ada masukan ya bagaimana juga BPOM juga ikut mendukung menjaga kualitasnya dengan juga mengambil bukti-bukti hasil dari analisa yang valid. Dan adalah pilot projek yang pertama dari Badan POM bisa mendukung perbatasan di PLBN, "ujarnya.

Penny menambahkan, Tahun 2018, BPOM sudah ada menambahkan satu kantor yang lebih dekat dengan masyarakat yaitu di Kabupaten Sanggau. Akan tetapi masih jauh juga jaraknya dari PLBN.

Halaman
12
Penulis: Hendri Chornelius
Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved