Citizen Reporter

PDAM Tirta Pancur Aji Sanggau Harus Ada Pengawasan, Seleksi Dewas Digelar

Uji kompetensi yang dilaksanakan selama lima hari ini diikuti oleh tiga orang peserta yang dijaring melalui Pengumuman Seleksi calon Dewas PDAM.

PDAM Tirta Pancur Aji Sanggau Harus Ada Pengawasan, Seleksi Dewas Digelar
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ISTIMEWA
Wakil Bupati Sanggau, Yohanes Ontot saat membuka secara resmi Seleksi Dewan Pengawas PDAM Tirta Pancur Aji Sanggau di Aula Lantai II, Kantor Bupati Sanggau, Kamis (29/9/2019). 

PDAM Tirta Pancur Aji Sanggau Harus Ada Pengawasan, Seleksi Dewas Digelar

Citizen Reporter
Christ TCG
Humas Setda Sanggau

SANGGAU - Berkaitan dengan pelayanan publik yang berdampak pada kepuasan maupun keluhan soal air, Wakil Bupati Sanggau Yohanes Ontot mengatakan harus ada dewan pengawas yang seyogyanya mengawasi kinerja PDAM.

Terutama dalam hal pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat.

Namun kondisinya, sejak Desember 2017 lalu hingga saat ini, Dewan Pengawas (Dewas) PDAM Tirta Pancur Aji Sanggau masih mengalami kekosongan.

"PDAM kita ini bisa dibilang masih mengalami kondisi yang belum sehat. Beberapa bulan terakhir, masih banyak yang mengeluhkan air macet, air keruh, harga air naik, macam-macamlah. Memang butuh pengawasan, karena saat ini PDAM masih pada tahap banyak perbaikan yang dilakukan Direktur baru. Semoga sekarang sudah tidak banyak lagi keluhan masyarakat, " katanya lewat arahannya sebelum membuka secara resmi Seleksi Dewan Pengawas PDAM Tirta Pancur Aji Sanggau di Aula Lantai II, Kantor Bupati Sanggau, Kamis (29/9/2019).

Baca: Bergerak Cepat Perbaiki Pipa Hose Intake Yang Putus, DPRD Apresiasi PDAM Tirta Pancur Aji

Baca: Jabat Direktur PDAM Tirta Pancur Aji Sanggau, Ini Yang Akan Dilakukan Yohanes Andriyus Wijaya

Terlaksananya seleksi sampai terpilihnya Dewas PDAM yang baru nanti, Wabup mempercayakan semua proses seleksi kepada Tim Ahli Penguji dan panitia seleksi.

Ia berharap, Dewas terpilih bisa bersinergi dengan Direktur PDAM membawa perusahaan daerah menjadi lebih bermartabat.

"Siapapun yang terpilih nanti harus berpikir pada orientasi pada hasil, bukan orientasi proyek. Dengan adanya Dewan Pengawas terpilih nantinya, ini kinerja PDAM bisa lebih baik lagi, pelayanan lebih maksimal, dan yang terpenting air tidak sering macet," tegasnya.

Pada kegiatan yang sama, perwakilan Panitia Seleksi Calon Dewan Pengawas PDAM Pancur Aji Sanggau periode 2019 - 2023, Hadi Sudibjo melaporkan bahwa, untuk pertama kali dilaksanakan setelah terbitnya Peraturan Pemerintah nomor 54 tahun 2017 tentang Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) dan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 37 tahun 2018 tentang pengangkatan dan pemberhentian Anggota Dewan Pengawas atau Anggota Komisaris dan Anggota Direksi Badan Usaha Milik Daerah yang mengamanahkan bahwa proses pemilihan dewan pengawas dilakukan melalui seleksi.

Baca: Lantik Direktur PDAM Tirta Pancur Aji Sanggau, Ini Arahan Paulus Hadi

Baca: Suasana Pelantikan Direktur PDAM Tirta Pancur Aji Sanggau

"Seleksi sebagaimana dimaksud sekurang-kurangnya meliputi uji kelayakan dan kepatuhan yang dilakukan oleh tim atau lembaga profesional, "jelasnya.

Uji kompetensi yang dilaksanakan selama lima hari ini diikuti oleh tiga orang peserta yang dijaring melalui Pengumuman Seleksi calon Dewas PDAM.

Eka Pria Saputra (Kepala Bagian Perekonomian Setda), Ignatius Irianto (Staf Ahli Bidang Pembangunan, Ekonomi, dan Keuangan) dan Didit Richardi (Plt Kepala Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air) yang akan berhadapan dengan Tim Ahli Uji Kompetensi Manajerial dari PT Persona Optima Indonesia 

Cek 10 Berita Pilihan Tribun Pontianak di Whatsapp Via Tautan Ini: Tribun Pontianak Update 

Penulis: Hendri Chornelius
Editor: Ishak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved