Pasca Putusan PN Jaksel Menangkan Caleg Gerindra, Ini Kata KPU RI

Pasca putusan Pengadilan Negeri (PN) Jaksel yang memenangkan 9 Caleg Gerindra diantaranya Caleg DPR RI asal Kalbar dan juga Mulan Jameela

Pasca Putusan PN Jaksel Menangkan Caleg Gerindra, Ini Kata KPU RI
TRIBUPONTIANAK.CO.ID/RIDHO PANJI PRADANA
Komisioner KPU RI, Viryan Aziz 

Pasca Putusan PN Jaksel Menangkan Caleg Gerindra, Ini Kata KPU RI

PONTIANAK - Pasca putusan Pengadilan Negeri (PN) Jaksel yang memenangkan 9 Caleg Gerindra diantaranya Caleg DPR RI asal Kalbar dan juga Mulan Jameela, Komisioner KPU RI, Viryan Aziz mengungkapkan jika sepenuhnya kewenangan internal partai.

"Sepenuhnya kembali ke DPP Partai Gerindra," kata Viryan, Selasa (27/08/2019) kepada Tribun.

Seperti diketahui, 9 caleg Gerindra mengajukan gugatan perbuatan melawan hukum terhadap Dewan Pembina Gerindra, DPP Gerindra sebagai tergugat, dan KPU sebagai turut tergugat.

Para caleg, termasuk Mulan Jameela, dan juga Katherina A Oendoen meminta Gerindra berhak untuk menetapkan mereka sebagai anggota DPR.

Baca: Mujiyo: KPU RI Masih Godok Tahapan Pilkada

Baca: Viryan Aziz Sebut Almarhum Trenggani Pahlawan Pemilu 2019

Lebih lanjut, Viryan menerangkan jika KPU akan menetapkan perolehan kursi parpol peserta pemilu yang terdiri dari 575 caleg DPR RI dari 80 dapil pada 31 Agustus ini.

"Agendanya nanti rapat pleno terbuka penetapan perolehan kursi dan calon DPR RI terpilih. Kami akan undang parpol peserta pemilu 2019," katanya.

Penetapan pada 31 Agustus nanti, kata dia, merupakan tindak lanjut terhadap tahapan pemilu setelah sebelumnya KPU menindaklanjuti terlebih dulu putusan Mahkamah Konstitusi (MK) terkait perselisihan hasil pemilu legislatif.

Dalam putusannya, MK menyatakan mengabulkan 12 perkara perselisihan hasil pemilu legislatif dan harus ditindaklanjuti oleh KPU daerah.

Dengan demikian, ia memastikan jika saat ini belum ada caleg terpilih DPR RI yang ditetapkan secara resmi.

Viryan pun menuturkan pihaknya belum mengubah jadwal penetapan perolehan kursi dan penetapan caleg DPR RI terpilih yang sebelumnya telah ditetapkan.

"Jika ada pihak yang menggelar acara terkait caleg DPR RI terpilih silakan saja," tukasnya.

Cek 10 Berita Pilihan Tribun Pontianak di Whatsapp Via Tautan Ini: Tribun Pontianak Update 

Penulis: Rihard Nelson
Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved