Sutarmidji: Provinsi Kalbar Bisa Menjadi Sentralnya Durian di Indonesia

Rasanya tak lengkap apabila musim durian di Kalbar sebagai pendatang tidak merasakan durian Kalbar yang begitu leza

Sutarmidji: Provinsi Kalbar Bisa Menjadi Sentralnya Durian di Indonesia
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ ANGGITA PUTRI
Gubernur Kalbar, H Sutarmidji, saat Sarasehan/Talkshow Potensi Durian Unggul Kalbar di Halaman Parkir Mega Mall Pontianak , Minggu (25/8/2019). 

Sutarmidji : Provinsi Kalbar Bisa Menjadi Sentralnya Durian di Indonesia

PONTIANAK - Jenis durian Kalimantam Barat sangat banyak sekali yang datang dari 14 Kabupaten/kota dan memiliki cirikhas dan nama masing-masing yang berbeda di setiap daerah.

Potensi Durian unggul dan jenis durian lainnya sangat banyak di Kalbar membuat para pencinta durian ingin merasakannya, bahkan mempunyai daya jual yang tinggi sesuai dengan jenisnya .

Rasanya tak lengkap apabila musim durian di Kalbar sebagai pendatang tidak merasakan durian Kalbar yang begitu lezat.

Berbagai acara dan lomba dilakukan tiap tahunnya ketika musim durian untuk memperkenalkan jenis durian ini kepada masyarakat banyak khusunya di Kalbar.

Baca: VIDEO: Bupati Mempawah Resmi Buka Festival Durian Bumi Khatulistiwa

Baca: VIDEO: Sutarmidji Sebut Durian Kalbar Unggul, Namun Kalah Tenar

Seperti yang dikatakan Gubernur Kalbar H Sutarmidji bahwa Provinsi Kalbar banyak memiliki durian yang jenisnya unggul dan Festival durian yang dilaksanakan saat ini untuk memperkenalkan jenis-jenis durian unggul yang ada di Kalbar.

"Durian ini pangsa pasarnya sangat luas dan tidak terbatas," kata H Sutarmidji, saat Sarasehan/Talkshow Potensi Durian Unggul Kalbar di Halaman Parkir Mega Mall Pontianak , Minggu (25/8/2019)

Demikian juga olahannya, sehingga kedepan, durian menjadi salah satu jenis tanaman buah yang diandalkan di Kalbar, selain tanaman-tanaman buah yang lain.

"Selain durian, Kita juga akan mengembangkan buah manggis. Yang jelas tanaman yang buahnya tahan lama akan kita kembangkan," ujarnya.

Ia mengatakan dalam beberapa tahun kedepan, Provinsi Kalbar akan menjadi sentralnya durian, khususnya di Indonesia.

Baca: Dialog Wawasan Kebangsaan Upaya Organsasi Indonesia Bersuara Kalbar Teguhkan Kedaulatan

"Semuanya bisa dilakukan kalau 1 tahun kita mempunyai ratusan bahkan ribuan hektar pohon durian, maka itu bisa jadi sentral durian dengan berbagai jenisnya. Dengan rekayasa teknologi pertanian saat ini, tidak sulit untuk membuat durian unggul semakin baik," jelasnya.

Dikatakannya, tujuan jangka pendek dari festival durian ini adalah untuk meningkatkan nilai jual atau nilai perolehan petani itu sendiri, khususnya petani yang memiliki kebun durian.

Kalau dilihat dari perolehan nilai tukar petani saat ini belum sampai 100 persen, masih berkisar antara 93-95 persen tapi, sedangkan nilai tukar nelayan sudah mencapai diatas 100 persen, artinya nelayan lebih sejahtera dibandingkan petani.

"Petani itu harus terus didorong untuk menggunakan teknologi pertanian sehingga dia bisa menperoleh nilai tukar yang lebih," pungkasnya.

Penulis: Anggita Putri
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved