Dalam Setahun, Petani Desa Tawang Sari Mampu Hasilkan 226 Ton Beras

Apa yang terjadi di Tawang Sari menunjukan bawa sistem pertanian menetap atau sawah memang terbukti mampu berhasil.

Dalam Setahun, Petani Desa Tawang Sari Mampu Hasilkan 226 Ton Beras
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ WAHIDIN
Bupati Sintang, Jarot Winarno melaunching merek dagang beras lokal dengan nama Beras Bukit Pancuran sekaligus pelepasan untuk dijual ke masyarakat bertempat di Desa Tawang Sari, Kecamatan Sepauk, Sabtu (24/8/2019) sore. 

Dalam Setahun, Petani Desa Tawang Sari Mampu Hasilkan 226 Ton Beras

SINTANG - Bupati Sintang, Jarot Winarno melaunching merek dagang beras lokal dengan nama Beras Bukit Pancuran sekaligus pelepasan untuk dijual ke masyarakat bertempat di Desa Tawang Sari, Kecamatan Sepauk, Sabtu (24/8/2019) sore.

Camat Sepauk, Cinghan berharap dengan Launching Beras Bukit Pancuran ini desa lain bisa mencontoh apa yang dilakukan masyarakat Desa Tawang Sari dalam membangun dan mengembangkan komoditas padi.

Baca: Launching Beras Bukit Pancuran Desa Tawang Sari, Bupati Jarot: Saya Yakin Laris

Baca: Andi: Masa Pembangunan Beta Petinggi Kudo Lewati Tiga Kepemimpinan Kepala Desa

“Apa yang terjadi di Tawang Sari menunjukan bawa sistem pertanian menetap atau sawah memang terbukti mampu berhasil. Tentu ke depan masyarakat desa lain juga bisa mengurangi pola bertani berpindah," katanya.

Kepala Balai Penyuluh Pertanian Kecamatan Sepauk, Ikhwan menjelaskan bahwa timnya terdiri dari 12 orang yang selama ini selalu siap membagikan ilmu bertaninya kepada masyarakat Desa Tawang Sari.

“Selama ini kalau satu hektar sawah di Tawang Sari mampu menghasilkan 4-6 ton gabah kering. Dan umumnya jika ada 1 ton gabah kering, dijemur kemudian digiling akan mampu menghasilkan 65-70 persen padi," katanya.

Lanjut Ikhwan artinya jika satu ton gabah kering akan menghasilkan 700 kilogram beras. Jika satu hektar bisa menghasilkan 4 ton saja maka dalam satu hektar akan mengasilkan 2,8 ton beras.

"Petani padi di Desa Tawang Sari itu dalam setahun mampu panen 2 kali. Jadi luasan sawah di Desa Tawang Sari ada 190 hektar. Maka jika dihitung dalam waktu setahun akan menghasilkan 266 ton beras," pungkas Ikhwan.

Penulis: Wahidin
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved