Sutarmidji: ADA 12 Jenis Varietas Durian Unggul yang harus Kita Jaga

Ini yang harus kita pikirkan, padahal jenis durian kita luar biasa. Sehingga ini adalah satu diantara kendala yang di hadapi saat ini

Sutarmidji: ADA 12 Jenis Varietas Durian Unggul yang harus Kita Jaga
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ ANESH VIDUKA
Direktur Jenderal Hortikultura, Prihasto Setyanto didampingi Gubernur Kalimantan Barat, H.Sutarmidji bersama sejumlah Bupati/Wali Kota saat menikmati durian dalam acara pembukaan Hortikultura Festival Durian Bumi Khatulistiwa 2019, Heronimus Hero menyampaikan kata sambutan dalam pembukaan Hortikultura Festival Durian Bumi Khatulistiwa 2019 di halaman parkir Ayani Mega Mall Pontianak, Sabtu (24/8/2019). Festival durian yang digelar Dinas pertanian provinsi Kalbar bekerjasama dengan PHRI Kalbar berlangsung sejak tanggal 24 Agustus-1 September 2019. 

Sutarmidji: ADA 12 Jenis Varietas Durian Unggul yang harus Kita Jaga

PONTIANAK - Gubernur Kalbar, Sutarmidji mengungkapkan upaya yang dilakukan untuk melindungi pusat sentra durian di Kalbar adalah dengan menjaga varietas durian unggul.

"Jadi ada dua belas jenis varietas durian unggul yang harus benar-benar kita jaga keberadaanya," ucap orang nomor satu di Kalimantan Barat, Sabtu (24/08/2019).

Menurut Midji pertumbuhan dari varietas durian unggul tersebut seperti durian alam.

Terkait jenis-jenis dari pohon durian unggul sudah di amankan oleh Pemerintah Provinsi melalui dinas terkait yang nantinya akan di kembangkan.

Baca: Kejari Ketapang Bantah Adanya Oknum Jaksa dapat Tuntaskan Kasus

Baca: PHRI Harap Festival Durian Bumi Khatulistiwa 2019 Dapat Menjadi Tujuan Wisatawan

"Kita akan kembangkan durian-durian unggul dari dua belas durian di Kalimantan Barat sebanyak-banyaknya dan seluas-luasnya. Kemudian akan kita konteskan setiap tahun supaya durian tersebut mendapat harga tertinggi," tambah Sutarmidji.

Di balik itu semua, ada kendala yang harus di hadapi oleh pemerintah, yakni ketersediaan durian unggul yang banyak, namun tidak mudah saat akan di pasarkan di luar Kalbar.

Bahkan melalui lajur penerbangan udara, Midji mengatakan tidak terkendala sama sekali dengan biaya, namun lebih kepada pihak maskapai tidak dapat melakukan pengiriman durian hingga skala besar.

"Ini yang harus kita pikirkan, padahal jenis durian kita luar biasa. Sehingga ini adalah satu diantara kendala yang di hadapi saat ini," terang Sutarmidji.

Midji pun berharap kepada pihak kementrian terkait bersama pemerintah pusat agar masyarakat yang mata pencahariannya berkebun, dapat lebih semangat mengembangkan jenis buah-buahan di daerahnya masing-masing. (ina)

Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved