Dinas Penanaman Modal Beberkan Pasang Surutnya Investasi di Kota Singkawang

Investasi di Kota Singkawang mengalami pasang surut bahkan cenderung lambat. Hal ini dikarenakan belum maksimalnya sarana

Dinas Penanaman Modal Beberkan Pasang Surutnya Investasi di Kota Singkawang
Ilustrasi
Investasi1

Dinas Penanaman Modal Beberkan Pasang Surutnya Investasi di Kota Singkawang

SINGKAWANG - Investasi di Kota Singkawang mengalami pasang surut bahkan cenderung lambat. Hal ini dikarenakan belum maksimalnya sarana dan prasana infrastukturnya.

"Makanya saat ini melalui Wali Kota terus mendorong percepatan pelayanan perizinan karena investasi erat kaitannya dengan perizinan," kata Kasi Perencanaan, Promosi, Pengendalian Bidang Penanaman Modal Dinas Penanaman Modal dan Tenaga Kerja Kota Singkawang, M Sehan, Rabu (21/8/2019).

Ia mengatakan ada sejumlah faktor yang mempengaruhi iklim investasi. Di antaranya sarana prasarana infrastuktur dan layanan publik terkait kelancaran investasi itu sendiri.

Sarana prasarana, diakuinya masih ada keterbatasan keterbatasan. Seperti persoalan listrik, air bersih, jalan-jalan akses penghubung industri dan perkebunan, kemudian regulasi.

Baca: FOTO: Siswa-siswi dari Bali Saat Berkunjung ke Makam Opu Daeng Manambon

Baca: Orchadz Hotel Pontianak Resmikan Grand Ballroom Cattleya, Bisa Nampung Hingga Seribu Orang

Baca: Siswa-siswi Dari Bali Mencicipi Kuliner Populer di Kantin Bestari

Investasi yang masuk banyak dari sektor perdagangan dan jasa serta pariwisata. Sementara industri ada level menengah ke atas namun jumlahnya tidak banyak.

Makanya saat ini Dinas Penanaman Modal dan Tenaga kerja tengah melakukan penyempurnaan sistem pelayanan.

"Kalau untuk mengurus izin sampai tingkat nasional kita sudah online, sedangkan untuk internal kita dalam waktu dekat juga sudah bisa online melalui aplikasi Si Cantik yang ditunjang tenaga ahli," tuturnya.

Dengan sistem aplikasi online ini, maka mempercepat rentang waktu pengurusan izin.

Meski diakui dibandingkan kota Pontianak misalkan, soal layanan perizinan ini masih perlu penyempurnaan dan peningkatan.

Halaman
123
Penulis: Ridhoino Kristo Sebastianus Melano
Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved