Dekranasda Kota Pontianak Gelar Pelatihan Membatik, Apa Saja Sasarannya

Pelatihan ini dilakukan untuk memberikan pengetahuan cara membatik. Sehingga kerajinan membatik ini dapat berkembang

Dekranasda Kota Pontianak Gelar Pelatihan Membatik, Apa Saja Sasarannya
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ HAMDAN
dekranasda gelar Pelatihan Membatik bagi industri kecil dan menengah se-Kota Pontianak di Kampung Batik Kamboja Kecamatan Pontianak Selatan, Rabu (21/8/2019) 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Hamdan

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, TRIBUN - Sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas produk yang dihasilkan oleh para pengrajin di Kota Pontianak, Dekranasda menggelar pelatihan membatik bagi industri kecil dan menengah se-Kota Pontianak di Kampung Batik Kamboja, Kecamatan Pontianak Selatan, Rabu (21/8/2019).

Pelatihan ini dilakukan untuk memberikan pengetahuan cara membatik. Sehingga kerajinan membatik ini dapat berkembang dikenalkan peserta pelatihan.

Ketua Dekranasda Kota Pontianak, Yanieta Arbiastuti Kamtono berharap kegiatan pelatihan ini tidak hanya berhenti pada kegiatan aktivitas ceromonial semata, melainkan harus ada kegiatan lanjutan sehingga para pengrajin lebih terampil dan memiliki keahlian terutama dalam membatik.

"Saya berkeinginan produk yang dihasilkan berkualitas karena terus terang saya menyampaikan kepada para tamu bahwa produk yang masuk di Dekranasda Kota Pontianak adalah barang-barang yang berkualitas," ujarnya.

Baca: HUT Ke 4 Lantamal XII Pontianak, Midji Ajak Bersinergi Jaga Laut Kalbar

Baca: Pengasuh Ponpes An Nur Wafat, Ini Dia Pesan Terakhirnya

Ia menambahkan pihaknya tidak hanya sekadar menghimpun produk-produk kerajinan kemudian ditampilkan di Gedung UMKM Center. Namun lebih dari itu, produk kerajinan yang ada mesti berkualitas sehingga mampu bersaing dengan produk-produk dari daerah lain.

"Karena semakin berkualitas sebuah produk, maka semakin dicari orang," ujarnya.

Ia mengatakakan akan terus mengembangkan dan membantu pelaku kriya membatik yang ada di Kota Pontianak. Terlebih Dekranasda merupakan organisasi nirlaba yang non profit, siap menghimpun, memfasilitasi, memayungi, memotivasi dan mengembangkan seluruh produk yang dihasilkan.

"Peserta pelatihan ini nantinya tak perlu kuatir, setelah pelatihan silakan masukkan ke Dekranasda atau UMKM Center," ujarnya.

Ia juga menuturkan keberadaan Gedung UMKM Center yang sekaligus juga sebagai Griya Dekranasda Kota Pontianak, tidak sedikit yang sudah berkunjung untuk melihat dan berbelanja di sana, baik tamu dari lokal, nasional bahkan internasional.

"Saya mengapresiasi kegiatan pelatihan ini yang akan menjadikan para peserta sebagai pelaku ekonomi kreatif sehingga turut pembangunan Kota Pontianak," ujarnya.

Halaman
12
Penulis: Hamdan Darsani
Editor: Didit Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved