Sundari: Tanamkan Nilai-nilai Agama Agar Anak Terhindar dari Narkoba

Dia juga mempunyai strategi khusus dalam mengasuh anak agar anak tidak terjerumus kedalam lingkaran narkoba.

Sundari: Tanamkan Nilai-nilai Agama Agar Anak Terhindar dari Narkoba
SHUTTERSTOCK
Ilustrasi narkoba 

Sundari: Tanamkan Nilai-nilai Agama Agar Anak Terhindar dari Narkoba 

MEMPAWAH - Anak-anak remaja dinilai paling rentan terkena paparan penyalahgunaan narkoba, sebab usia yang relatif muda membuat mereka mudah terpengaruh pergaulan yang diawali dengan coba-coba dan akhirnya menjadi pecandu.

Menanggapi hal itu, para orangtua pasti sangat cemas atas perilaku sehari-hari anaknya yang tidak semua mampu mereka pantau, apalagi ketika anak mulai masuk ke fase pubertas.

Satu diantara orangtua di Kabupaten Mempawah, Tuti Sundari (36) mengatakan dia punya strategi khsus dalam menerapkan pola asuh anak, dimana dia menanamkan nilai-nilai agama di usia dini agar anaknya tidak salah pergaulan.

Baca: Developer Perumahan Arafah Residence Ungkap Kerusakan Capai 70 Persen

Baca: BNN Harap Orangtua Berperan Aktif dalam Cegah Penyalahgunaan Narkoba Pada Anak dan Remaja

"Narkoba inikan kan sebagian besar karena pergaulan, agar anak kita terhindar dari pergaulan yang salah, maka penting bagi kita untuk menanamkan nilai-nilai agama kepada mereka senak kecil, karena anak yang agamanya kuat insyaallah dia akan tertolong oleh taqwanya kepada Allah Swt dan tidak terjerumus," papar Sundari, Selasa (13/8/2019).

Tuti mengakui bahwa memang benar, tidak semua perilaku pergaulan anak bisa dia pantau, oleh karena itu dia agak ketat dalam pengawasan kepada anaknya meski dibilang ibu yang garang.

Selain itu ada lagi, Rendi Suparma (41) yang saat ini mempunyai anak kelas 2 SMK, di Kecamatan Mempawah Timur.

Dia juga mempunyai strategi khusus dalam mengasuh anak agar anak tidak terjerumus kedalam lingkaran narkoba.

"Yang paling utama memang menanamkan nilai-nilai agama kepada anak itu penting, tetapi, untuk anak usia pra dewasa, mereka cenderung ingin tahu semua hal, maka dari itu kedekatan antara anak dan orang tua sangat diperlukan," imbuh Rendi.

Sebagai orang tua, kata dia, penting sekali untuk menjadikan akan sebagai teman curhat dan menyampaikan baik dan benar kepada anak dengan bahasa yang mudah diterima.

"Tidak ada satupun orangtua yang mau anaknya terjerumus ke dalam lingkaran narkoba, maka dari itu selayaknya kita selalu mengawasi aktivitas anak setiap hari, mengasuh dan mendidik mereka agar tidak salah pergaulan," pungkasnya.

Penulis: Ya'M Nurul Anshory
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved