Kapuas Hulu Target Jadi Kabupaten Layak Anak di 2020

"Anak merupakan investasi Sumber Daya Manusia (SDM) ,mereka adalah tongkat estafet penerus masa depan bangsa kedepannya," ungkapnya.

Kapuas Hulu Target Jadi Kabupaten Layak Anak di 2020
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/SAHIRUL HAKIM
Kapuas Hulu Target Jadi Kabupaten Layak Anak di 2020 

Kapuas Hulu Target Jadi Kabupaten Layak Anak di 2020

KAPUAS HULU - Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlimdungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kapuas Hulu, menargetkan tahun 2020 Kapuas Hulu menjadi kabupaten layak anak (KLA).

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlimdungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kapuas Hulu, Martha Banang, dalam acara Rapat Koordinasi dalam rangka pembentukkan kabupaten layak anak (KLA), di Dinas Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlimdungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kapuas Hulu, Selasa (13/8/2019).

"Melalui Rakor ini kita berupaya di tahun 2020 mendatang terbentuk KLA di Kabupaten Kapuas Hulu. Namun untuk menjadi kabupaten KLA harus mempunyai sistem pembangunan berbasis hak anak, melalui pengintegrasian komitmen dan sumber daya pemerintah, masyarakat dan dunia usaha, yang terencana secara menyeluruh dan berkelanjutan dalam kebijakan, program dan kegiatan untuk menjamin terpenuhinya hak dan perlindungan anak," ujarnya.

Baca: Polisi di Kapuas Hulu Kembali Tangkap Pelaku Diduga Jadi Penyebab Terjadinya Karhutla

Baca: Kondisi Cuaca Terkini Kabupaten Kapuas Hulu

Martha menjelaskan, tujuan KLA secara umum untuk memenuhi dan melindungi anak, sedangkan secara khususnya untuk membangun inisiatif pemerintah kabupaten yang mengarah pada upaya transformasi konvensi hak anak dari kerangka hukum kedalam definisi, strategi dan intervensi pembangunan.

"Dalam bentuk kebijakan, program dan kegiatan pembangunan yang ditujukan untuk pemenuhan hak dan perlindungan anak. Sehingga KLA sangat penting dalam rangka peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) terhadap anak. Apalagi bila melihat sejauh ini hak anak di Kapuas Hulu belum sepenuhnya terpenuhi," ucapnya.

Baca: KPU Serahkan Dokumen Usulan Pelantikan Caleg Terpilih ke Bupati Kapuas Hulu

Baca: Daun Kratom - Bupati AM Nasir Ungkap Ketentuan Ekspor Kratom, Pimpin Rakor Forkompinda Kapuas Hulu

Menurutnya, saat ini di Kapuas Hulu masih sangat kurang kelompok bermain dan tempat yang layak untuk anak bermain, Sehingga sering menimbulkan terjadinya kenakalan terhadap anak.

"Anak merupakan investasi Sumber Daya Manusia (SDM) ,mereka adalah tongkat estafet penerus masa depan bangsa kedepannya," ungkapnya. 

Penulis: Sahirul Hakim
Editor: Ishak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved