VIDEO: Ketua KPU Kalbar Persilahkan Peserta Pemilu Lapor ke DKPP

Padahal, permohonan sengketa dirinya atau PHPU Pileg Gerindra Kalbar diterima untuk pengembalian suara yang bersangkutan menjadi 5.384.

Ketua KPU Kalbar Persilahkan Peserta Pemilu Lapor ke DKPP

PONTIANAK - Ketua KPU Kalbar, Ramdan mempersilahkan jika peserta pemilu hendak melaporkan pihaknya ke Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP).

Hal ini karena, kata dia, untuk pelaporan tersebut memang telah diatur dan hak dari peserta pemilu.

"Hak daripada konstitusi, hak dari pada peserta, diatur diperbolehkan, jadi dalam hal akan menyampaikan laporan ke DKPP menjadi hak dari peserta," kata Ramdan, Senin (12/08/2019).

"Saya kira karena ini hak juga jadi di persilahkan," jelas Ramdan.

Lebih lanjut, Mantan Ketua KPU Singkawang ini juga menerangkan jika pihaknya tentu menghargai jika hal tersebut menjadi keputusan peserta pemilu. "Inikan hak, artinya silahkan saja bagi peserta pemilu," tambah Ramdan.

Baca: Mukti: Dinamika Ekonomi Dunia Resahkan Penghasil Minyak Sawit

Baca: VIDEO: Ramdan Pastikan Penetapan Anggota DPRD Kalbar Terpilih Sesuai Amar Putusan MK

Seperti diketahui, Salah seorang Caleg Gerindra, Hendri Makaluasc mengaku kecewa dengan langkah yang diambil KPU Kalbar lantaran tidak menetapkan dirinya menjadi Anggota DPRD Kalbar terpilih periode 2019-2024.

Padahal, permohonan sengketa dirinya atau PHPU Pileg Gerindra Kalbar diterima untuk pengembalian suara yang bersangkutan menjadi 5.384.

Namun berdasarkan raihan suara caleg dalam partai Gerindra untuk Dapil Sanggau-Sekadau, suara Hendri Makaluasc yang saat pencalegan dinomor urut 1 kalah dengan caleg nomor 7, Cok Hendri Ramapon yang meraih suara 6.599.

Merasa Kecewa, Hendri Makaluasc pun menerangkan jika ia akan melaporkan hal ini ke PTUN, Bawaslu RI hingga DKPP.

"Kemudian, karena tidak sesuai dengan putusan MK ini, saya sebagai saksi Gerindra dan pelapor di MK akan melakukan proses lebih lanjut ke PTUN, ke Bawaslu RI, dan mungkin kita ke DKPP untuk melihat proses ini supaya terang benderang," jelas Ramdan.

Penulis: Ridho Panji Pradana
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved