BPBD Sekadau Gelar Semprot Air di Pemukiman Padat Penduduk, Ini Tujuannya

Langkah ini menurutnya merupakan langkah inisiatif pihaknya untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan terjadi khususnya di pasar Sekadau.

BPBD Sekadau Gelar Semprot Air di Pemukiman Padat Penduduk, Ini Tujuannya
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ TRY JULIANSYAH
BPBD Sekadau gelar semprot air ke pemukiman warga di Pasar Dan komplek terminal Terminal Lawang Kuari Sekadau memakai dua mobil pemadam kebakaran, Senin (12/8/2019). 

BPBD Sekadau Gelar Semprot Air di Pemukiman Padat Penduduk

SEKADAU - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sekadau menggelar semprot pemukiman penduduk menggunakan dua unit mobil pemadam kebakaran. 

Kasi Pencegahan dan Pengendalian BPBD Kabupaten Sekadau, Kadarto mengatakan hal tersebut dilakukan karena kondisi cuaca di Sekadau mencapai 38 hingga 39 celcius. 

"Tujuan dari penyemprotan ini adalah agar suasana khususnya di Pasar Sekadau yang kepadatannya sangat tinggi menjadi lebih dingin. Kami keliling pasar Sekadau dengan jumlah tim mencapai tujuh orang, dan tim dibagi menjadi dua wilayah yaitu di pasar Sekadau dan wilayah terminal lawang kuari sekadau," ujarnya senin (12/8) sore. 

Baca: Caleg Tak Puas Penetapan Calon DPRD Terpilih, Ruhermansyah: Bawaslu Bisa Buat Laporan

Baca: Bupati Sambas Janji Kerahkan OPD Tangani Karhutla

Langkah ini menurutnya merupakan langkah inisiatif pihaknya untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan terjadi khususnya di pasar Sekadau. 

"Dan langkah ini baru dilakukan oleh kami tahun ini, dan respon dari masyarakat juga baik dan mereka sangat berterimakasih atas tindakan penyiraman atau pendinginan ini. Apalagi cuaca saat ini sangat panas dan perlu melakukan antisipasi yang nyata, dan kami juga menerima laporan dan keluhan dari masyarakat sehingga itu sebagai dasar kami juga melakukan tindakan kedepannya," ungkapnya. 

Sementara itu, Sekretaris BPBD Sekadau Edy Prasetyo mengatakan, pihaknya memang sudah beberapa waktu lalu memikirkan hal ini. Karena melihat kondisi siklus cuaca mencapai hampir 40 derajat celsius. 

"Penyemprotan ini juga didampingi oleh pihak Kepolisian, karena dalam rangka penyemprotan ini berkaitan dengan pengamanan lalu lintas di pasar Sekadau," kata Edy. 

Pihaknya juga akan melakukan antisipasi lainnya, seperti membagikan masker di jalan-jalan kepada masyarakat. 

"Kita akan melakukan pembagian masker kepada masyarakat, titik kumpul kita membaginya di bundaran PKK, Simpang PLN dan Simpang Pasar Baru," katanya. 

Edy menghimbau, agar masyarakat Sekadau berhati-hati dan waspada terhadap situasi yang ada saat ini. 

"Karhutla sudah menjadi waspada, jadi kami himbau kepada elemen masyarakat agar tetap menjaga diri terhadap kejadian yang akan terjadi terutama kepada anak-anak agar tidak dibawa keluar,  kita takutkan penyakit ISPA," pungkasnya

Penulis: Try Juliansyah
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved