Penyak Lalang Bagian dari Sejarah Bagi Keuskupan Sintang

Bupati Sintang Jarot Winarno bersama Wakil Bupati Sintang Askiman meresmikan Gedung Gereja Katolik Santo Petrus Stasi Penyak Lalang

Penyak Lalang Bagian dari Sejarah Bagi Keuskupan Sintang
TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Peresmian Gedung Gereja Katolik Santo Petrus Stasi Penyak Lalang yang berada Desa Penyak Lalang, Kecamatan Dedai, Kabupaten Sintang, Sabtu (10/8/2019) kemarin. 

Penyak Lalang Bagian dari Sejarah Bagi Keuskupan Sintang

SINTANG - Bupati Sintang Jarot Winarno bersama Wakil Bupati Sintang Askiman meresmikan Gedung Gereja Katolik Santo Petrus Stasi Penyak Lalang yang berada Desa Penyak Lalang, Kecamatan Dedai, Kabupaten Sintang, Sabtu (10/8/2019) kemarin.

Pastor Paroki Kelam Dedai Romo Salesius Jeratu, Pr menyampaikan bahwa tempat ini memiliki sejarah bagi Keuskupan Sintang karena saat itu misionaris asal eropa yakni sekitar tahun 1948 mengunjungi Penyak Lalang ini.

“Saat transportasi darat masih sulit, maka pelayanan dilakukan melalui sungai dan wilayah ini menjadi dermaganya. Awalnya umat Katolik di sini hanya 15 KK saja. 71 tahun berlalu, umat di sini semakin bertumbuh besar," ujarnya.

Menurutnya Penyak Lalang menjadi pusat pelayanan di Kecamatan Dedai. Gereja ini dibangun di atas bukit dengan luas tanah dua hektar. Gereja lama sudah keropos karena dibangun dengan material kayu sehingga harus dibangun gereja baru dengan 90 persen merupakan swadaya umat.

Baca: Pemkab Landak Apresiasi Turnamen Basket Bupati Cup 2019

Baca: 65 Caleg DPRD Provinsi Kalbar Terpilih akan Ditetapkan Besok

Baca: Jelang Pilkades Serentak, Pemkab Landak Adakan Sosialisasi dan Bimtek

"Saya bangga dengan swadaya umat di sini. Saya bangga dengan tanggungjawab umat baik. Di paroki kami ada 20 gereja yang sedang dibangun. Saya selalu bilang sama umat, kalau dana pembangunan gereja menunggu uang dari paroki, maka sampai kucing bertanduk pun gereja kalian tidak akan selesai," pungkasnya.

Oleh karena itu, menurutnya swadaya umat menjadi modal utama dan kunci. Dirinya juga setuju dengan visi-misi Pemerintah Kabupaten Sintang yang ingin berjuang mewujudkan masyarakat Sintang yang religius.

Penulis: Wahidin
Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved