KPU Sanggau Tetapkan 40 Caleg Terpilih, Ini Penjelasan Sekwan Sanggau

KPU Kabupaten Sanggau menggelar rapat pleno terbuka penetapan perolehan kursi partai politik dan calon terpilih Anggota DPRD Kabupaten Sanggau

KPU Sanggau Tetapkan 40 Caleg Terpilih, Ini Penjelasan Sekwan Sanggau
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/HENDRI CHORNELIUS
Suasana rapat pleno terbuka penetapan perolehan kursi partai politik dan calon terpilih Anggota DPRD Kabupaten Sanggau pada pemilihan umum tahun 2019 di Hotel The Garden Palace Sanggau, Minggu (11/8/2019) sore. 

KPU Sanggau Tetapkan 40 Caleg Terpilih, Ini Penjelasan Sekwan Sanggau

SANGGAU - KPU Kabupaten Sanggau menggelar rapat pleno terbuka penetapan perolehan kursi partai politik dan calon terpilih Anggota DPRD Kabupaten Sanggau pada pemilihan umum tahun 2019 di Hotel The Garden Palace Sanggau, Minggu (11/8/2019) sore.

Terkait jadwal pelantikan, Sekretaris Dewan (Sekwan) Sanggau, Burhanuddin mengatakan, usai nama-nama tersebut diserahkan ke Gubernur melalui bupati, gubernur akan menerbitkan surat keputusan (SK).

“SK ini lah sebagai bahan kami untuk melakukan persiapan pelantikan. Tidak ada kewenangan Sekwan di sini,”katanya usai mengikuti rapat pleno.

Meskipun SK diterbitkan gubernur, namun pengambilan sumpah/janji dilakukan oleh Ketua Pengadilan Negeri. Sekwan juga menambahkan, berdasarkan ketentuan, KPU Sanggau wajib menggelar pleno penetapan paling lambat lima hari setelah putusan Mahkamah Konstitusi (MK).

Baca: TRIBUNWIKI: Ini Daftar 40 Anggota DPRD Terpilih di Sanggau

Baca: Kabus Asap Semakin Tebal, Disdikporapar Kabupaten Mempawah Tak Kunjung Liburkan Sekolah

Baca: Salat Idul Adha 1440H di Mempawah Diselimuti Kabut Asap, Orangtua Minta Sekolah Diliburkan

“Informasinya nanti tanggal 13 di provinsi. Sekwan hanya menunggu, sambil berkoordinasi. Mungkin dalam waktu dekat Bagian Tata Pemerintahan akan melakukan rapat, sambil persiapan menunggu SK terbit,”tegasnya.

Terkait pelantikan lanjut Sekwan, berdasarkan kesepakatan kemungkinan akan digelar pada 30 September 2019. “Sejak diambil sumpah/janji dewan yang baru, itulah masa berakhirnya dewan yang lama,”pungkasnya.

Penulis: Hendri Chornelius
Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved