Politeknik Negeri Pontianak Pilot Project Gerakan Sadar Pajak Lewat Pendidikan Agama dan Pancasila

Kementerian keuangan RI melalui direktorat jenderal pajak sedang gencar-gencarnya meningkatkan penerimaan pajak

Politeknik Negeri Pontianak Pilot Project Gerakan Sadar Pajak Lewat Pendidikan Agama dan Pancasila
POLNEP.AC.ID
Politeknik Negeri Pontianak (Polnep) 

Citizen Reporter
Dosen Pancasila Politeknik Negeri Pontianak
Mujib

Politeknik Negeri Pontianak Pilot Project Gerakan Sadar Pajak Lewat Pendidikan Agama dan Pancasila

PONTIANAK - Kementerian keuangan RI melalui direktorat jenderal pajak sedang gencar-gencarnya meningkatkan penerimaan pajak, yakni dengan melakukan upaya gerakan kesadaran pajak dengan menggandeng kemendikbud dan kemenristekdikti.

Gerakan kesadaran pajak ini sebagai upaya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya pajak dalam pembangunan.

Inisiasi gerakan sadar pajak ini masuk dalam program direktorat jenderal pajak yang bertajuk Program Inklusi Kesadaran Pajak yang telah dimulai dari tahun 2016.

Program ini merupakan upaya yang dilakukan oleh Direktorat Jenderal Pajak untuk meningkatkan pemahaman masyarakat tentang pentingnya kesadaran membayar pajak, namun Apa itu Inklusi kesadaran pajak?

Inklusi pajak merupakan usaha yang dilakukan oleh Direktorat Jenderal Pajak bersama dengan kementerian yang membidangi pendidikan untuk meningkatkan kesadaran perpajakan peserta didik, guru dan dosen yang dilakukan melalui integrasi materi kesadaran pajak dalam kurikulum, pembelajaran dan perbukuan (edukasi.pajak.go.id)

Baca: Sedang LIVE Badak Lampung Vs PSS Sleman Shoppe Liga 1 di OChannel & Vidio.com, Cek LIVE Score Liga 1

Baca: Hotel Aston dan Transera Pontianak Serahkan Hewan Kurban

Baca: Jamiat Akadol Nilai Peluang Pembentukan Kawasan Ekonomi Khusus di Sambas Terbuka Lebar

Di satu diantara mata pelajaran dan mata kuliah yang terintegrasi dengan program inklusi pajak ini adalah Pendidikan Pancasila. Mengapa pelajaran ini dipilih sangat jelas sekali bahwa pendidikan Pancasila merupakan salah satu pelajaran yang mengajarkan karakter kepada peserta didik melalui penanaman sila-sila Pancasila.

Satu diantara sila di Pancasila yang sangat erat kaitannya dengan fungsi pajak adalah sila yang kelima “Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia” Kalimantan barat sebagai salah satu wilayah di pulau Kalimantan memiliki beberapa perguruan tingi negeri.

Dan Politeknik Negeri Pontianak ini merupakan kampus pilot projek gerakan inklusi pajak di wilayah Kalimantan Barat dan Khusus mata kuliah agama dan Pancasila para dosennya telah ikut melaksanakann program inklusi pajak ini.

Tidak berhenti dalam pembelajaran di kampus, para dosen mata kuliah Agama dan Pancaila juga turut mensosialisasikan gerakan sadar pajak ini ke sekolah.

Diantara sekolah-sekolah di wilayah Kalimantan Barat yang telah di datangi oleh tim dosen Agama dan Pancasila ini adalah Sekolah Menengah Kejuruan Pancasila Desa Ambangah Kecamatan Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya.

Tim Dosen Agama dan Pancasila Politeknik Negeri Pontianak mencoba untuk turut serta dalam upaya untuk memberikan pendidikan inklusi pajak pada peserta didik di SMK Pancasila.

Upaya ini merupaka bagian dari pengabdian yang dilaksanakan oleh para dosen yang bertajuk Optimalisasi Kesadaran Pajak Pada Siswa Melalui Pendidikan Pancasila Dan Pendidikan Agama. Program pengabdian ini diharapkan dapat membantu apa yang tengah diupayakan oleh Pemerintah untuk meningkatkan Kesadaran Pajak masyarakat.

Penulis: Hadi Sudirmansyah
Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved