Kemenhan RI Kunjungi Tribun Pontianak, Kibarkan Bendera Raksasa di Perbatasan

Dengan digelarnya kegiatan tersebut ia menyatakan ingin membuat masyarakat perbatasan Indonesia menjadi bangga

Kemenhan RI Kunjungi Tribun Pontianak, Kibarkan Bendera Raksasa di Perbatasan
tribun pontianak
KOMANDO - Kakanwil Kemenhan Kalbar Brigadir Jenderal TNI Binarko Sugihantyo (tengah) salam komando dengan Pemred Tribuin Pontianak, Selasa (6/89). TRIBUN PONTIANAK/Ferryanto 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Ferryanto

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, TRIBUN - Berbagai cara dilakukan dalam memperingati Hari Kemerdekaan RI ke-74 nanti. Tak ketinggalan bagi Kantor Wilayah Kementerian Pertahanan (Kemenhan RI) Provinsi Kalimantan Barat. Tak hanya dengan apel atau bhakti sosial saja, namun kali ini akan ada pengibaran bendera merah putih raksasa di wilayah perbatasan Kalbar.

Hal ini disampaiakn Kepala Kantor wilayah Kementrian Pertahanan Provinsi Kalimantan Barat Brigadir Jenderal TNI Binarko Sugihantyo saat kunjungan kerjanya ke Kantor Tribun Pontianak, Selasa (6/8/2019).

Pada kunjungannya itu, rombongan Kemenhan disambut langsung Pimpinan Redaksi Tribun Pontianak yakni Ahmad Suroso. Jenderal bintang satu itu pun menyampaikan bahwa pada 17 Agustus 2019 nanti , ihaknya akan menggelar serangkaian kegiatan dalam menyemarakan hari kemerdekaan Indonesia yang ke 74 tahun.

Baca: APBD Perubahan Kalbar Rp 6,1 Triliun, Midji Sesalkan OPD Tak Maksimal Serap Anggaran

Baca: Yayasan Bhakti Suci Buka Pendaftaran Ketum, Yo Nguan Cua Ajak Tuntaskan Tiga Program Kerja

Pelaksanaan serangkaian kegiatan ini akan dilaksanakan di Perbatasan Indonesia Malaysia, tepatnya di Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Entikong dengan Tema Semarak Merah Putih Untuk Indonesia Satu.

"Kita ingin mengadakan acara di perbatasan yaitu di PLBN Entikong, kita kegiatannya membuat judul ‘Semarak Merah Putih dari Perbatasan untuk Indonesia Satu’. Artinya biarpun kita dimana - dimana tetap Indonesia satu," ujarnya.

Dengan digelarnya kegiatan tersebut ia menyatakan ingin membuat masyarakat perbatasan Indonesia menjadi bangga karena lokasi perbatasan akan dijadikan sebagai tempat bersejarah dalam peringatan kemerdekaan Indonesia dengan di kibarkannya sebuah bendera Merah Putih Raksasa dengan ukuran 45 x 17 meter di atas bukit di belakang PLBN Entikong. Setelah sebelumnya di laksanakan berbagai kegiatan yang bertemakan bela negara dan nasionalisme.

Dalam prosesnya nanti, ia menyebutkan akan melibatkan banyak sekali masyarakat perbatasan, selain itu akan dilibatkan juga Alumni dari para peserta parade Cinta Tanah Air, Resimen Mahasiswa, dan para kader bela negara asal Kalbar.

"Kita akan melakukan sosialisasi bela negara bagi masyarakat perbatasan, itu pada tanggal 16, itu ada diskusi Panel 2 sesi, lalu kita akan memasang bendera dengan panjang 45 meter dan panjang 17 meter, Jadi 17, 45, jadi ini bendera raksasa', dan mungkin ini terbesar," ungkapnya.

"Nanti akan dikibarkan di belakang PLBN, di bukit sebelah kiri barat dari Pos lintas Batas, dan di tanggal 17-nya kita akan melakukan upacara lalu kita akan memberikan tali asih kemasyarakat perbatasan, "imbuhnya.

Kepada Kaum Millenial saat ini, Jendral Bintang 1 itupun berpesan untuk mengisi kemerdekaan Indonesia dengan prestasi.

"Kepada kaum milenial, isilah kemerdekan dengan prestasi. Saya selalu menyemangati bahwa bela negara itu tidak sama dengan wajib militer, jadi isilah prestasi sesuai dengan profesi masing- masing, kalau pelajar berprestasi itu merupakan bela negara,"jelasnya.

Penulis: Ferryanto
Editor: Didit Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved