VIDEO: Mitra Medika Selenggarakan Seminar Keropos Tulang

Menabung tulang itu maksudnya dengan olahraga, minum susu, terpapar sinar matahari yang cukup,

Mitra Medika Selenggarakan Seminar Keropos Tulang 

PONTIANAK - Sebagai bentuk kepedulian Rs Mitra Medika terhadap besarnya jumlah penderita osteoporosis di Indonesia, Rs Mitra Medika menyelenggarakan kegiatan seminar keropos tulang.

Seminar tersebut terbagi menjadi dua jenis yaitu seminar awam pada Sabtu (3/8/2019) pukul 09:00 WIB untuk masyarakat umum dan seminar ilmiah (4/8/2019) pukul 08:30 WIB untuk dokter-dokter yang berada di Pontianak.

Dihadirkan pula 3 orang narasumber Terpercaya pada seminar itu diantaranya Spesialis Radiologi dari Surabaya dr. Paulus Rahardjo, Sp. Rad(K)Msk, CCD, Spesialis Kebidanan dan Kandungan dr. Khairun Nisa, Sp.OG dan Spesialis Penyakit Dalam dr. Budiman Gunawan, Sp. PD.

Baca: Warga Mempawah Digemparkan Penemuan Bayi Laki-laki di Pondok Pantai Ancol, Diduga Sengaja Dibuang

Baca: UBSI Kampus Kota Pontianak Gelar Kegiatan Sertifikasi Zahir

Spesialis Radiologi dari Surabaya dr. Paulus Rahardjo, Sp. Rad(K)Msk, CCD, menyampaikan seminar ini bertujuan untuk memberikan pemahaman umum kepada masyarakat tentang apa itu keropos tulang, dan bagaimana cara mencegahnya agar tidak terlalu parah ketika memasuki usia lanjut.

"Ketika seseorang sudah memasuki usia 35-40 tahun pasti akan mengalami penurunan kepadatan tulang. Kepadatan tulang kita boleh menurun tetapi jangan sampai bisa mencapai resiko patah tulang. Caranya gimana, dengan menabung tulang. Menabung tulang itu maksudnya dengan olahraga, minum susu, terpapar sinar matahari yang cukup," ujarnya.

Di samping itu Ketua Rs Mitra Medika, dr Suriviana, M.Sc., SP.A, menyampaikan kegiatan tersebut dilaksanakan karena Rs Mitra Medika melihat nantinya penyakit regeneratif itu akan mengalami peningkatan dan peningkatan itu tidak bisa dikatakan sedikit. Kemudian dengan seiring pertambahan usia, dan angka populasi di Pontianak untuk usia di atas 40-50 yang cukup tinggi.

Sehingga Rs Mitra Medika berupaya untuk berperan serta dalam mencegah osteoporosis pada wanita ataupun laki-laki yang usianya nanti 50 ke atas.

Yang salah satu caranya adalah dengan terapi, tetapi terapi juga tidak bisa jika tidak ada buktinya. Maka dari itu Rs Mitra Medika telah menyediakan alat Tes Kepadatan Mineral Tulang atau yang biasa di sebut BMD (Bone Mineral Density)

"Nah kami melihat hal ini, dan di Kalimantan Barat juga belum ada BMD (Bone Mineral Density). Untuk menilai kepadatan tulang. Sehingga kami melakukan investasi untuk pengadaan alat ini, kemudian masyarakat juga bisa melakukan screening. Sehingga bisa melihat tingkat keroposnya, pencegahan yang tepat bagaimana dan mengobatinya bagaimana," ujarnya seusai mengikuti seminar awam keropos tulang di Rs Mitra Medika. (Marpina Sindika Wulandari) 

Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved