‎Kemenkeu RI Sosialisasikan Cukai Plastik di Mofest Pontianak

Kementerian Keuangan Republik Indonesia sukses gelar Ministry Of Finance Festival (MOFEST) 2019 pada Sabtu (3/8/2019)

‎Kemenkeu RI Sosialisasikan Cukai Plastik di Mofest Pontianak
TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
‎Kemenkeu RI sosialisasikan Cukai Plastik di Mofest Pontianak 

‎Kemenkeu RI Sosialisasikan Cukai Plastik di Mofest Pontianak

PONTIANAK - Kementerian Keuangan Republik Indonesia sukses gelar Ministry Of Finance Festival (MOFEST) 2019 pada Sabtu (3/8/2019) yang di laksanakan di Gedung Auditorium Univers‎itas Tanjungpura Pontianak.

Suksesnya kegiatan ini, lantaran Pontianak merup‎akan kota kedua penyelenggaraan Mofest, setelah Pekanbaru yang di selenggarakan sebelumnya oleh Kementerian Keuangan RI.

Dalam rangkaian ‎kegiatan Ministry of Finance Festival (MOFEST) 2019 yang bertajukan Pengenaan Cukai Plastik Demi Indonesia yang Lebih Baik dan MOFEST Pontianak yang mengusung tema Future of Today atau Masa Depan.

Hari Ini diharapkan dapat mengedukasi masyarakat akan permasalahan dan dampak sampah kantong plastik serta mengajak generasi muda untuk ikut mengkampanyekan peduli lingkungan melalui MOFEST-Talk dan MOFEST-Expo.

Pemerintah melalui Direktorat Jenderal Bea dan Cukai berencana menerapkan pengenaan cukai terhadap kantong plastik. Topik ini menjadi pembahasan seru pada Mofest Pontianak. Beberapa retailer dan pemerintah daerah telah menetapkan pungutan terhadap kantong plastik, akan tetapi masih belum menunjukkan dampak yang signifikan terhadap lingkungan ataupun terhadap konteks keuangan lainnya.

Baca: Ekskul Jadi Mood Booster Siswa

Baca: VIDEO: Penobatan Ayah dan Bunda GenRe Kabupaten/Kota se-Kalbar

Baca: Suka Cita Dalam Komunitas Hijabers Mom Pontianak

“Oleh karena itu, pengenaan cukai dinilai akan lebih tepat karena bersifat nasional, dan memiliki pertanggungjawaban yang lebih jelas ke APBN,” ungkap Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Informasi Setjen Kemenkeu Nufransa Wira Sakti Sabtu (03/08/2019) di Auditorium Untan Pontianak.

Pengenaan cukai sendiri diharapkan dapat mengurangi sampah plastic di Indonesia. Penerapan cukai kantong plastik sendiri, direncanakan akan mengaplikasikan skema progresif.

Pada tahap tertentu, untuk kantong plastik yang masuk dalam definisi sangat ramah lingkungan, pemerintah akan memberikan pembebasan atau nol persen.

Sementara itu, jenis yang sangat tidak ramah lingkungan akan diberikan tarif tinggi atau 100 persen. Untuk itu pemerintah juga tengah menyiapkan langkah-langkah untuk memaksimalkan produksi kantong plastik ramah lingkungan.

“Yang kita selesaikan adalah polusi plastik yang masif atau berlebihan. Bukan meniadakan penggunaan plastik,” ungkap Direktur Teknis dan Fasilitas Cukai, Nirwala Dwi Heryanto.

Beliau juga memberikan tips gaya hidup sehat dan ramah lingkungan terutama terhadap sampah plastik.

Mofest Pontianak adalah wadah kolaborasi dengan para pemuda yang akan berada pada puncak usia produktif untuk tukar pemikiran terkait Visi Indonesia 2045, serta menjadi ruang bagi generasi muda untuk mengeksplorasi, dan menyampaikan aspirasi dalam pengelolaan APBN.

Serta diharapkan generasi muda dapat mengembangkan diri dan memahami potensi ekonomi Indonesia sehingga siap berkontribusi demi mewujudkan Visi Indonesia 2045.

Penulis: Hadi Sudirmansyah
Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved