Bupati Tutup Rangkaian Kegiatan Gawai Dayak X Kabupaten Sekadau

Bupati Sekadau, Rupinus menutup Gawai Dayak X Kabupaten Sekadau di Betang Youth Center, Jalan Panglima Naga, Kecamatan Sekadau Hili

Bupati Tutup Rangkaian Kegiatan Gawai Dayak X Kabupaten Sekadau
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/TRY JULIANSYAH
Bupati Sekadau, Rupinus menutup Gawai Dayak X Kabupaten Sekadau di Betang Youth Center, Jalan Panglima Naga, Kecamatan Sekadau Hilir, Kabupaten Sekadau, Sabtu (3/8) malam 

Bupati Tutup Gawai Dayak X Kabupaten Sekadau

SEKADAU - Bupati Sekadau, Rupinus menutup Gawai Dayak X Kabupaten Sekadau di Betang Youth Center, Jalan Panglima Naga, Kecamatan Sekadau Hilir, Kabupaten Sekadau, Sabtu (3/8) malam.

Rangkaian kegiatan yang dilaksanakan 29 Juli hingga 3 Agustus itu resmi ditutup ditandai dengan pemukulan gong.

"Dalam penyelenggaraan kegiatan ini berbagai kesenian dan budaya ditampilkan, baik itu tradisional maupun kontemporer. Ini merupakan wujud tanggungjawab kita untuk memelihara, melestarikan dan mengembangkan nilai-nilai budaya positif yang diwariskan oleh para leluhur," ujar Rupinus.

Ia kembali menjelasakan Gawai Dayak merupakan wujud syukur kepada Tuhan atas hasil pertanian yang bisa dinikmati.

Baca: Willy Harapkan Gawai Dayak Lahirkan Kreatifitas Seni di Kalangan Muda Mudi

Baca: Satu Unit Rumah di Sungai Sengkuang Ludes Dilalap Sijago Merah

Baca: Dua Atlet Mempawah Tembus Pelatnas, Ini Ucapan Syukur Wakil Ketua IKASI Mempawah

"Ditutupnya Gawai Dayak Kabupaten itu tidak ada lagi gawai nyapat tahun di kampung-kampung. Kecuali gawai syukuran, nikah dan lain-lain, tahun depan baru gawai lagi," katanya.

Gawai Dayak menurutnya juga menjadi ajang pelestarian budaya, menarik daya tarik wisata serta menumbuhkan ekonomi kreatif.

"Begitu banyak kuliner, kerajinan tangan dan lain sebagainya yang bisa dinikmati oleh pengunjung. Multiplier efect kegiatan ini bisa dirasakan masyarakat, ada yang buka warung, jual pakaian dan lain sebagainya," tuturnya.

Rupinus menegaskan, Gawai Dayak bukan hanya milik dayak melainkan milik semua masyarakat. Menurutnya, yang merasakan dan menikmati itu semua, seluruh masyarakat Kabupaten Sekadau.

"Dengan demikian ajang ini juga untuk mempererat silaturahmi dan tali persaudaraan. Mari bersama-sama untuk menyamakan persepsi bahwa ini adalah milik kita semua," katanya

Ia pun mengapresiasi panitia, TNI-Polri dan donatur serta seluruh lapisan masyarakat yang telah mensukseskan kegiatan tersebut. Menurutnya, tanpa dukungan semua pihak tidak mungkin kegiatan tersebut berlangsung dengan sukses, aman dan tertib.

"Saya juga mengajak masyarakat untuk mensyukuri apa yang telah diberikan oleh Tuhan. Terimakasih atas dukungan semua pihak yang telah menyukseskan pelaksanaan gawai dayak ini," pungkasnya.

Penulis: Try Juliansyah
Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved