PT Cemaru Lestari Beroperasi, Masyarakat Dusun Seluang Danau Tak Diberdayakan

Masyarakat Dusun Seluang Danau, Desa Amboyo Selatan, Kecamatan Ngabang, Kabupaten Landak, mendatangi pihak perusahaan

PT Cemaru Lestari Beroperasi, Masyarakat Dusun Seluang Danau Tak Diberdayakan
TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Perwakilan masyarakat Dusun Seluang Danau, Desa Amboyo Selatan, Kecamatan Ngabang, saat bertemu pihak perusahaan PT Cemaru Lestari 

Citizen Reporter
Tokoh Pemuda Seluang Danau

PT Cemaru Lestari Beroperasi, Masyarakat Dusun Seluang Danau Tak Diberdayakan

LANDAK - Masyarakat Dusun Seluang Danau, Desa Amboyo Selatan, Kecamatan Ngabang, Kabupaten Landak, mendatangi pihak perusahaan PT Cemaru Lestari yang beroperasi di kampung mereka pada Kamis (1/8/2019) siang.

Beberapa perwakilan masyarakat yang mendatangi perusahaan tersebut, bertujuan untuk menyampaikan aspirasi dan menuntut hak masyarakat. Serta meminta pihak perusahaan memenuhi kewajiban mereka.

Sesuai kesepakatan antara pihak perusahaan dengan masyarakat di Dusun Seluang Danau, sebagaimana yang tertera dalam MOU yang disepakati pada tahun 2012 lalu.

Beberapa tuntutan tersebut diantaranya mengenai kesepakatan pembagian plasma yang dijanjikan oleh PT Cemaru Lestari. Pasalnya, masyarakat sudah lama menyerahkan lahan kepada perusahaan, namun hingga saat ini belum juga direalisasikan.

Selain menuntut kejelasan realisasi program plasma, masyarakat juga meminta agar perusahaan merealisasikan program Coprate Social Responsibility (CSR), yang selama in belum terealisasi di Dusun tersebut. Padahal perusahaan ini sendiri sudah beroperasi sejak beberapa tahun lalu.

Baca: Gawai Adat Dayak Kabupaten Ketapang Ke VII Resmi Ditutup

Baca: POBSI Kalbar Gelar Open Turnamen di Sintang

Baca: VIDEO: Gempa 7,4 SR Guncang Banten dan Sumatera! Peringatan SIAGA Tsunami dan WASPADA Belum Berakhir

Beberapa masyarakat Dusun Seluang Danau yang datang juga menyampaikan kepada perusahaan PT Cemaru Lestari, agar pihak perusahaan perkebunan kelapa sawit tersebut merekrut tenaga kerja dari masyarakat setempat sesuai janji pihak perusahaan.

Warga juga berharap bisa bekerja di perusahaan, karena beberapa warga mendapatkan informasi bahwa perusahaan tersebut merektrut karyawan secara diam-diam dari luar daerah.

Hal ini membuat warga setempat kecewa, karena banyak pemuda setempat yang meganggur namun tidak pernah diberikan kesempatan bekerja.

Juru bicara yang juga

Tokoh pemuda Dusun Seluang Danau Andri mengatakan, jika untuk pembagian plasma masyarakat sudah menyerahkan lahan kepada pihak perusahaan sejak 2012. Sementara untuk realisasinya, dia menyayangkan belum kunjung dilakukan oleh perusahaan.

"Masyarakat sering bertanya-tanya termasuk saya yang juga bagian dari masyarakat, mengeluhkan permasalahan tersebut. Hal ini menjadi beban tersendiri buat kami, karena lahan sudah sejak lama diserahkan tapi tidak ada dampak positifnya sama sekali bagi masyarakat," ujar Andri.

Maka dari itu, ia bersama masyarakat lainnya berharap agar pihak perusahaan segera menindaklanjuti point-point yang telah disampaikan. "Agar tidak timbul gejolak yang dapat merugikan pihak perusahaan dan masyarakat sendiri," harapnya.

Diceritakan Andri, dari hasil pertemuan itu, Manager PT Cemaru Lestari Yus menerima semua apa yang sudah masyarakat sampaikan. "Katanya akan segera mereka tindaklanjuti dalam waktu dekat. Semoga saja," tutupnya (alf).

Penulis: Alfon Pardosi
Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved