Ketua Gerindra Kalbar Buka Peluang Maju Cabup Sambas

Gerindra, diungkapkannya mulai menjaring lewat mengumpulkan informasi terlebih dahulu karena aturan secara resmi dari partai belum ada.

Ketua Gerindra Kalbar Buka Peluang Maju Cabup Sambas
Ilustrasi
Pilkada

Ketua Gerindra Kalbar Buka Peluang Maju Cabup Sambas

PONTIANAK - Ketua DPD Gerindra Kalbar, Suriansyah membuka peluang untuk dirinya maju di Pilkada Sambas 2020.

"Belum, saya pribadi masih menunggu hasil survei, nanti survei mungkin diadakan bulan november, kita lihat, jika memang hasil surveinya baik, maju, kalau hasil surveinya tidak baik kita memberikan kesempatan pada calon yang lain," katanya, Rabu (31/07/2019) ditemui diruang kerja DPRD Kalbar.

Untuk Gerindra, diungkapkannya mulai menjaring lewat mengumpulkan informasi terlebih dahulu karena aturan secara resmi dari partai belum ada.

Tetapi, kata dia, patokan untuk mengusung seorang calon umumnya pada hasil survei, elektabilitas dan popularitas dan kesiapan dana dari calon yang akan maju.

Baca: Mahfud MD Tanggapi Soal Habib Rizieq Shihab Jadi Syarat Rekonsiliasi yang Diajukan Gerindra

Baca: Gerindra Tegaskan Usung Kader di Pilkada Serentak 2020

"Jadi tahap sekarang masih bakal calon semua, pra pencalonan karena belum ada satu pun calon tetap yang kami ajukan ke DPP untuk seluruh Kabupaten," jelasnya.

Secara non formal, ia pun mengungkapkan baru menerima rekomendasi sejumlah nama dari Sambas dan Bengkayang.

Suriansyah pun menilai, Pertemuan Megawati-Prabowo belum lama ini akan mempengaruhi suara saat Pilkada.

"Mungkin saja, dengan ketemunya dua tokoh berarti antara Gerindra dengan PDI Perjuangan tidak ada masalah, untuk berkoalisi di Pilkada sah-sah saja dan selama ini ada yang seperti itu, dan justru dianjurkan karena sama-sama ideologinya nasionalisme," terangnya.

Namun, dijelaskannya pula, dengan melihat raihan suara di Pemilu 2019, pihaknya mengevaluasi beberapa hal guna menyambut pilkada 2020.

Baca: Sidang Paripurna PU DPRD Kota Pontianak, Seluruh Anggota Fraksi Partai Gerindra Tak Hadir

Baca: Prabowo Berpotensi Maju Pilpres 2024, Gerindra Siap Dorong! Golkar Belum Bicara Soal Airlangga

"Dari evaluasi kita memang kami melihat politik uang, selain itu, segi kemampuan caleg kami mensupport Presiden kalah dibanding partai kubu lainnya. Mereka mampu memobilisasi dukungan pada masa kampanye tersebut," bebernya

Termasuk, lanjut Wakil Ketua DPRD Kalbar ini, dari segi mesin partai ia merasa belum berfungsi secara optimal

"Terutama pengurus ditingkat kecamatan dan ranting belum mampu melaksanakan tugasnya dengan baik dan memang kelengkapan struktur organisasi sampai ke ranting masih banyak yang tidak lengkap sehingga tidak efektif menjaring dan mengikat massa ditingkat bawah," ucapnya.

Maka dari itu, lanjut Suriansyah langkah Gerindra kedepan akan terus lakukan perbaikan disemua lini.

"Tentu setelah ini harus ada perbaikan terutama yang kami rasakan saat merekrut saksi, kami tidak mendapatkan saksi yang cukup punya loyalitas dengan partai sehingga kesiapan untuk menjaga dan menambah dukungan rendah, sehingga akhirnya banyak potensi suara tidak mampu dijaga dan kembangkan," pungkasnya.

Penulis: Ridho Panji Pradana
Editor: Ishak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved