Mengenal Saka Bakti Husada, Pramuka Khusus Kesehatan

Ia berharap agar kegiatan bakti sosial seperti ini dapat berkelanjutan dan tidak hanya rutin setahun sekali, namun minimal tiga bulan sekali.

Mengenal Saka Bakti Husada, Pramuka Khusus Kesehatan
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/RISKI FADRIANI
Pramuka Saka Bakti Husada bersama Kadis Kesehatan Kota Pontianak dan pamong pramuka 

Mengenal Saka Bakti Husada, Pramuka Khusus Kesehatan

PONTIANAK - Kegiatan bakti sosial Dinas Kesehatan Kota Pontianak melalui Saka Bakti Husada berlangsung di Bansir Laut. Kegiatan yang rutin dilaksanakan setiap tahun ini mengajak masyarakat ikut berkontribusi menjaga kesehatan diri dan lingkungan.

Pontianak Tenggara dipilih sebagai tuan rumah pelaksanaan kegiatan kali ini. Kegiatan bakti sosial yang dilakukan di RT/RW 003/003 dan 003/004 mencangkup pemeriksaan dan pengobatan gratis, bersih lingkungan serta pemberantasan nyamuk.

Menurut pamong pramuka Saka Bakti Husada Pontianak Tenggara, Ari Ibrahim terdapat enam kecamatan yang bergabung pada kegiatan kali ini.

"Tempat pelaksanaan kegiatan setiap tahunnya itu bergiliran, kali ini di Pontianak Tenggara. Kecamatan yang mengikuti kegiatan ini ada dari Kecamatan Pontianak Barat, Pontianak Timur, Pontianak Utara, Pontianak Selatan, Pontianak Tenggara dan Pontianak Kota. Setiap kecamatan mengirimkan sepuluh peserta jadi kurang lebih sekarang ada 60 orang," ungkapnya.

Baca: Saka Bakti Husada-Dinkes Pontianak Gelar Bakti Sosial di Bansir Laut

Baca: 509 Peserta dari 19 Puskesmas se-Kabupaten Sambas Ikuti Perticab Saka Bakti Husada di Sajad

Ia berharap agar kegiatan bakti sosial seperti ini dapat berkelanjutan dan tidak hanya rutin setahun sekali, namun minimal tiga bulan sekali.

Kepala bidang kesehatan masyarakat, Trisnawati mengatakan bahwa Saka Bakti Husada yang tergabung dalam kegiatan bakti sosial di Bansir Laut ini merupakan pramuka binaan dari Dinas Kesehatan Kota Pontianak

"Jadi setiap ranting-ranting (puskesmas) mengajak anak-anak Sekolah Menengah Atas (SMA) yang tertarik kepada Saka Bakti Husada. Biasanya di sekolah memiliki pramuka tapi itu secara umum, nah di Saka Bakti Husada mereka ditawari, bagi yang memiliki jiwa dibidang kesehatan dan tidak tertampung di sekolah bisa mengapresiasikannya di Saka Bakti Husada ini," terangnya.

Baca: Data BNN Ungkap 40 Persen Kasus Narkoba Libatkan Kaum Millenial, Ini Tanggapan Wali Kota Pontianak

Baca: 40 Persen Kaum Milenial Terjerat Narkoba Berdasarkan Kasus Yang Ditangani BNN Pontianak.

Mereka yang tergabung dalam Saka Bakti Husada mendapatkan pelatihan krida dari instruktur yang ada ditiap-tiap puskesmas, krida yang dilatih adalah krida lingkungan sehat, Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), P3K, pencegahan penyakit, dan gizi.

Selain itu, Saka Bakti Husada juga memiliki kemah bakti sekaligus lomba antar ranting, dan pemenangnya akan diikut sertakan ke provinsi dan nasional. (Mg1)

Editor: Ishak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved