adv

Maksimalkan Pelayanan Kesehatan di Kota Pontianak, BPJS Kesehatan Lakukan Forum Kemitraan

Dalam rangka terus menjaga keberlangsungan dan kualitas pelayanan kesehatan dalam penyelenggaraan Program JKN-KIS, jajaran stakeholder

Maksimalkan Pelayanan Kesehatan di Kota Pontianak, BPJS Kesehatan Lakukan Forum Kemitraan
TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Maksimalkan Pelayanana Kesehatan di Kota Pontianak, BPJS Kesehatan Lakukan Forum Kemitraan

Maksimalkan Pelayanan Kesehatan di Kota Pontianak, BPJS Kesehatan Lakukan Forum Kemitraan

PONTIANAK – Dalam rangka terus menjaga keberlangsungan dan kualitas pelayanan kesehatan dalam penyelenggaraan Program JKN-KIS, jajaran stakeholder di Pemerintah Kota Pontianak lakukan Forum Kemitraan. Kegiatan yang langsung dipimpin oleh Wakil Walikota Pontianak ini dilaksanakan di Aula Sultan Syarif Abdurrahman Kantor Walikota Pontianak pada hari Rabu (24/07).

Wakil Walikota Pontianak Bahasan mengintruksikan kepada jajarannya agar mendukung pelaksanaan program JKN-KIS dengan maksimal.

“Dalam pelakasanaan program JKN-KIS khususnya di Kota Pontianak tentu masih ada beberapa kendala, walaupun disisi lain juga sudah terdapat banyak perbaikan-perbaikan. Untuk itu pada forum ini kita maksimalkan untuk mencari solusi dari permasalahan-permasalahan yang ada. Semua pihak harus mendukung program JKN-KIS sesuai dengan kewenangannya masing-masing,” tutur Bahasan.

Sampai dengan 1 Juli 2019, dari 665.694 jiwa penduduk Kota Pontianak (berdasarkan data Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Semester 2 Tahun 2018) sudah 81,06 % penduduk tercover program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN-KIS). Berdasarkan data BPJS Kesehatan semester 1 tahun pembebanan 2019 terdapat 286.421 kunjungan oleh peserta JKN-KIS baik ke Poli Rawat Jalan maupun Poli Rawat Inap di Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL) di wilayah Kota Pontianak.

Baca: Mahasiswa KKL IAIN Pontianak, Ajarkan Silat Pada Anak Teluk Pakedai

Baca: BREAKING NEWS - Seorang Anak Disabilitas Penghuni PLAT Meninggal Dunia, Diduga Akibat Penganiayaan

Baca: Didgua Terlibat Perkelahian Penghuni PLAT Kota Pontianak Meninggal, Tidak Ada Bukti Sebagai ABH

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Pontianak Gerry Adhikusuma mengapresiasi dukungan penuh yang diberikan Pemerintah Kota Pontianak terhadap pelaksanaan Program JKN-KIS.

“Terima kasih serta apresiasi kepada seluruh jajaran pemerintah Kota Pontianak yang telah bersinergi dengan baik mendukung pelaksanaan program JKN-KIS khususnya di Kota Pontianak, saat ini sudah 6 FKRTL milik pemerintah dan 7 FKRTL swasta di Kota Pontianak yang telah bekerjasama dengan BPJS Kesehatan untuk melayani peserta JKN-KIS, melalui forum ini mohon dukungan khususnya kepada bapak wakil walikota agar dapat mendorong FKRTL swasta lainnya agar dapat segera bekerjasama dengan BPJS Kesehatan,” tutur Gerry.

Penyelenggaraan Jaminan Kesehatan Nasional dilakukan dengan prinsip gotong-royong dimana yang sehat membantu yang sakit yang mampu membantu yang tidak mampu. Program JKN-KIS terbukti sangat diperlukan oleh masyarakat Indonesia.

Hal ini dapat terlihat dari pertumbuhan jumlah peserta serta akses pelayanan yang dilakukan oleh peserta JKN-KIS.

Suksesnya penyelenggaraan program JKN-KIS di setiap daerah sangat bergantung pada dukungan dari seluruh stakeholder, pertemuan forum kemitraan dengan pemangku kepentingan ini diharapkan dapat menjadi wadah pengambilan keputusan serta diskusi untuk memaksimalkan pelaksanaan program JKN-KIS.

Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved