Tipu 70 Warga Pontianak, Rusdi Berhasil Raup Uang Rp 350 Juta

Aplikasi pinjaman online ini dapat membantu pelanggan mewujudkan liburan dadakan dengan nyaman dan bebas ribet.

Tipu 70 Warga Pontianak, Rusdi  Berhasil Raup Uang Rp 350 Juta
TRIBUN PONTIANAK/DESTRIADI YUNAS JUMASANI
RH pelaku penipuan dengan modus pinjaman online aplikasi Traveloka saat dihadirkan dalam konferensi pers di Mapolda Kalbar, Jalan Ahmad Yani, Pontianak, Kalimantan Barat, Rabu (17/7/2019) siang. RH menipu 70 warga Kota Pontianak dan mengantongi uang sebanyak Rp 350juta. 

Tipu 70 Warga Pontianak, Rusdi  Berhasil Raup Uang Rp 350 Juta

PONTIANAK  - Jajaran Polda Kalbar mengungkap aksi kejahatan cerdik Rusdi Hardanto bin Suhargo alias RH (36). Dari aksinya, Rusdi berhasil menipu 70 warga Kalbar khususnya warga Pontianak senilai hingga Rp 350 juta.

Modus yang dilakukan memanfaatkan fasilitas keuangan PayLater milik Traveloka. Pada Rabu (17/7), Rusdi dihadirkan di hadapan awak media oleh Kapolda Kalbar Irjen Pol Didi Haryono untuk menjelaskan kejahatannya.

Rusdi mengaku meraup untung Rp 350 juta dari kejahatannya ini. Uang haram itu ia gunakan untuk bersenang-senang. "Untuk foya-foya, pergi ke Bali selama satu minggu," ujarnya saat diwawancarai awak media di Mapolda Kalbar.

Jajaran Ditreskrimsus Polda Kalbar mengungkap modus kejahatan warga Jl Budi Utomo, Kelurahan Siantan Hilir, Kecamatan Pontianak Utara ini.

Baca: SBY dan AHY Terima Kunjungan Kehormatan Menlu Singapura

Baca: Amerika Serikat dan Indonesia Perluas Kolaborasi Tanggulangi HIV/AIDS

Dalam aksinya, Rusdi menggunakan identitas dan foto para korban untuk bertransaksi menggunakan PayLater yakni fasilitas pembayaran terbaru dari travelokaPay dengan biaya cicilan online atau kredit online tanpa kartu kredit.

Dengan modus bisnis menguntungkan, Rusdi berhasil mengumpulkan identitas korban berupa foto e-KTP, foto diri, dan foto diri sambil memegang e-KTP dari beberapa sisi. Rupanya, foto dan identitas korban ini yang digunakan Rusdi untuk bertransaksi lewat aplikasi pinjaman online ini.

Rusdi mengaku belajar dari Facebook terkait modus penipuan ini. Polisi mengamankan barang bukti di antaranya fotokopi e-KTP korban sebanyak 11 lembar, uang tunai Rp 1.250.000, dua unit handphone, satu kartu ATM, dan 38 lembar informasi debitur dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Dikutip dari www.traveloka.com, PayLater merupakan cicilan tanpa kartu kredit. Lewat fasilitas ini, Traveloka mengusung slogan Liburan kapan saja, bayar belakangan dengan PayLater, fasilitas pembayaran terbaru dari travelokaPay dengan biaya cicilan online atau kredit online tanpa kartu kredit yang rendah.

PayLater adalah fasilitas keuangan dari Traveloka yang memungkinkan metode pembayaran dengan cicilan tanpa kartu kredit. Metode pembayaran ini berlaku untuk semua produk yang tersedia di Traveloka, kecuali untuk produk Pembayaran Tagihan dan Produk Konektivitas.

Halaman
1234
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved