Amerika Serikat dan Indonesia Perluas Kerjasama untuk Akhiri Tuberkulosis

Pemerintah AS melalui USAID dan BD - perusahaan teknologi medis - meresmikan kemitraan baru untuk mendukung pemberantasan TBC di Indonesia.

Amerika Serikat dan Indonesia Perluas Kerjasama untuk Akhiri Tuberkulosis
Tribunpontianak.co.id/US Embassy Jakarta
KERJASAMA -Pemerintah Indonesia dan Amerika Serikat melalui USAID, serta Becton Dickinson and Company (BD) kerjasama pemberantasan Tuberkulosis. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, JAKARTA - Pemerintah Amerika Serikat (AS) melalui Badan Pembangunan Internasional AS (USAID) dan Becton, Dickinson and Company (BD), perusahaan teknologi medis internasional yang berbasis di AS, meresmikan kemitraan baru untuk mendukung pemberantasan Tuberkulosis (TBC) di Indonesia melalui Program TBC Nasional, Jumat (28/06/2019).

Dalam rilis yang dikirim Kedutaan Besar Amerika Serikat di Jakarta, disebutkan, dengan estimasi jumlah kasus baru sebanyak 842.000 setiap tahunnya dan 294 kematian setiap harinya, Indonesia memiliki beban TB tertinggi ke-3 tertinggi se-dunia. Dengan hanya sekitar 9 persen kasus TBC kebal obat yang bisa didiagnosis, TBC semakin sulit untuk ditangani. Kemitraan USAID dan BD didesain untuk memperkuat kemampuan Sistem Laboratorium Kementerian Kesehatan untuk mendiagnosis dan memantau pasien yang sedang menjalani pengobatan TBC. Kemitraan ini akan berupaya menciptakan solusi inovatif untuk memperkuat deteksi kasus TBC di Indonesia, terutama kasus TBC kebal obat.

“Mengakhiri TBC bersama dengan para mitra kami di Indonesia merupakan salah satu prioritas utama kami. Pendekatan baru kami, the USAID Global Accelerator to End TB mempercepat investasi dari para mitra swasta seperti BD sehingga negara-negara di dunia termasuk Indonesia, dapat menghentikan penyebaran TBC -- dan memberikan manfaat bagi semua orang tanpa melihat kewarganegaraan mereka,” kata Direktur USAID Indonesia Erin E. Mckee.

Renuka Gadde, Wakil Presiden BD Global Health mengatakan “Dengan kemitraan ini, BD dapat menyumbangkan kemampuan canggih dan keahlian dalam pengujian fenotipik kepada populasi yang paling membutuhkannya. Kami melihat adanya kesempatan untuk meningkatkan ekosistem laboratorium dalam hal jaminan kualitas, proses rujukan spesimen dan membangun sistem ekstraksi data. Kami berharap kemitraan dengan USAID Indonesia dan Program TBC Nasional Indonesia akan memberikan makna mendalam untuk mengatasi tantangan terkait penyakit menular yang kebal obat.”

BACA: Indonesia, Amerika Serikat, dan Swiss Sediakan Air Bersih bagi Warga Perkotaan Indonesia

BACA: Program USAID Bijak Fokus Pada Keanekaragaman Hayati

Bersama dengan Program TBC Nasional, kemitraan BD dan USAID juga meningkatkan kemandirian Indonesia dalam hal deteksi dan penanganan kasus TB dengan diterapkannya keahlian dan komitmen sektor swasta untuk menciptakan solusi TBC yang efektif dan berkelanjutan. Kemitraan ini hanya salah satu dari berbagai inisiatif sektor kesehatan yang dilaksanakan oleh Kedutaan Besar AS di Indonesia, yang menunjukkan luasnya peran AS dalam Kerjasama Strategis AS-Indonesia.

Tentang USAID dan BD
USAID adalah lembaga pembangunan internasional utama di dunia dan katalisator dalam mendorong hasil-hasil pembangunan. Pekerjaan kami memajukan keamanan nasional dan kemakmuran ekonomi serta mendukung kemandirian serta ketangguhan. Kami telah bekerja sama dengan Indonesia untuk menanggulangi TBC selama 20 tahun dan memberikan manfaat langsung bagi 700.000 warga negara Indonesia.

BACA: IVLP Indonesia Kutuk Aksi Pengeboman di Surabaya

BACA: Santa Fe, Budaya Spanyol dan Kota Tertinggi

BD adalah salah satu perusahaan teknologi medis terbesar di dunia yang memajukan dunia kesehatan melalui peningkatan penemuan medis, diagnosis dan pemberian pelayanan. BD mendukung para pahlawan di garis terdepan pelayanan kesehatan dengan mengembangkan teknologi inovatif, pelayanan dan solusi yang membantu memajukan terapi klinis bagi pasien dan proses klinis bagi penyedia layanan kesehatan.

BD dan 65.000 pekerjanya mempunyai semangat dan komitmen untuk meningkatkan keamanan dan efisiensi penanganan kasus medis oleh dokter yang memungkinkan ilmuwan untuk mendeteksi penyakit secara akurat dan meningkatkan kapabilitas peneliti untuk mengembangkan diagnostik dan terapi generasi baru di masa depan.

BD hadir secara virtual di hampir seluruh negara dan bekerja sama dengan berbagai organisasi di dunia untuk mengatasi berbagai tantangan kesehatan global yang paling rumit. Melalui kerja sama erat dengan para pelanggan, BD mampu meningkatkan hasil, menurunkan biaya, meningkatkan efisiensi dan keamanan serta memperluas akses pelayanan kesehatan. Untuk informasi lebih lanjut mengenai BD, kunjungi bd.com.

Penulis: Stefanus Akim
Editor: Stefanus Akim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved