Tingkatkan Daya Saing UKM, Sampoerna Retail Community Gelar Pameran dan Bakti Sosial

Aleh berharap dengan diselenggarakannya acara ini SRC (toko tradisional) maupun UKM lokal Kalbar lainnya semakin dikenal oleh masyarakat.

Tingkatkan Daya Saing UKM, Sampoerna Retail Community Gelar Pameran dan Bakti Sosial
TIRBUNPONTIANAK.CO.ID/MIA MONICA
Paguyuban Sampoerna Retail Community (SRC) berkunjung ke Kantor Tribun Pontianak, Kamis (27/06/2019) 

Tingkatkan Daya Saing UKM, Sampoerna Retail Community Gelar Pameran dan Bakti Sosial

PONTIANAK - Paguyuban Sampoerna Retail Community (SRC) berkunjung ke Kantor Tribun Pontianak sebagai penyelenggara acara ‘SRC Kalbar Retail Festival 2019’ yang akan berlangsung pada 30 Juni 2019 mendatang, bersama dengan perwakilan PT HM Sampoerna Tbk (Sampoerna) yang turut mendukung penyelenggaraan acara ini, Kamis (27/6).

SRC merupakan program pemberdayaan UKM bidang retail binaan Sampoerna dengan tujuan untuk meningkatkan daya saing toko kelontong tradisional melalui pemberdayaan ekonomi kerakyatan.

Manager Regional Territory Sampoerna, Aleh Nursoleh mengatakan, acara yang mengusung “Maju Bersama di Era Digital” ini merupakan upaya meningkatkan daya saing Usaha Kecil Menengah (UKM) yang ada di Kalimantan Barat di tengah persaingan ekonomi yang semakin ketat.  

Baca: PT Sampoerna Agro Tbk Beri Bantuan Warga Terkena Banjir di Desa Paku Raya

Baca: PT Sampoerna Bantu Korban Banjir di Tiga Dusun di Kuala Behe

“Pada acara ini akan diluncurkan aplikasi ‘Ayo SRC’ yang merupakan terobosan inovatif untuk memudahkan akses para pelaku UKM yang tergabung di SRC, agar mereka  bisa saling berbagi ilmu bisnis, mendapat informasi mengenai pembinaan UKM Sampoerna, dan memudahkan proses pengelolaan toko,” ujar Aleh. 

Selain peluncuran aplikasi, acara ini juga akan menampilkan pameran UKM, kegiatan sosial seperti bakti sosial dan donor darah, serta menghadirkan praktisi yang akan berbagi pengalaman bagaimana mengelola toko retail.

Dalam kunjungan sosialisasi acara ini, beberapa anggota dari paguyuban SRC pun mengungkapkan rasa syukurnya karena bisa bergabung dan dibina langsung oleh Sampoerna.

Seperti salah satunya pemilik Toko Primadona, Heribertus, yang mengaku banyak sekali mendapat manfaat saat bergabung menjadi paguyuban SRC.

“Menghadapi persaingan di era modern ini, kami, pedagang tradisional, dibina oleh Sampoerna agar bisa tetap maju dan berkembang. Mulai dari perubahan mindset, kami diedukasi bagaimana mengubah toko tradisional ini menjadi lebih modern. Toko tradisional kan berantakan ya, kurang terawat. Nah, kita diajarkan bagaimana toko harus bersih, harus terang, harus rapi, informasi toko jelas, sehingga konsumen datang mereka nyaman. Terus juga kami diajarkan bagaimana mengatur keuangan di toko, biasanya kami tidak pernah mencatat, tidak tau omset sehari-hari. Kemudian, kami juga rutin diajak sharing mengenai pengelolaan dan pengembangan UKM. Banyak sekali manfaatnya,” pungkasnya.

Baca: PT Sampoerna Agro Bersama Pemkab Landak Kucurkan CSR Untuk Pendidikan

Baca: 23 Orang Staf PT Union Sampoerna Triputra Persada Ikuti Latihan Bela Negara

Aleh berharap dengan diselenggarakannya acara ini SRC (toko tradisional) maupun UKM lokal Kalbar lainnya semakin dikenal oleh masyarakat. 

“Festival retail yang akan diadakan di Pontianak Convention Center (PCC) bertujuan agar SRC (toko tradisional) maupun UKM lokal Kalbar lainnya semakin dikenal masyarakat. Ke depannya, Sampoerna ingin merangkul lebih banyak lagi pemangku kepentingan agar cakupan manfaat dari program pemberdayaan yang kami inisiasi bisa merata di seluruh Indonesia,” tutup Aleh. (Mia Monica)

Editor: Ishak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved