Pipa Induk Bocor di Bawah Rumah Warga, PDAM Mempawah Terpaksa Gali Ruang Tamu Sedalam 1 Meter

Aris sempat merasa khawatir rumahnya ambruk karena pipa yang bocor terus saja menggerus bagian pondasi rumahnya, akibatnya dinding rumah retak

Pipa Induk Bocor di Bawah Rumah Warga, PDAM Mempawah Terpaksa Gali Ruang Tamu Sedalam 1 Meter
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/YA' M NURUL ANSHORY
Warga sekitar Jalan dr Rubini, Aris (34) saat menunjukkan lobang bekas galian PDAM di dalam rumahnya usai memperbaiki pipa induk yang bocor kemarin. 

Pipa Induk Bocor di Bawah Rumah Warga, PDAM Mempawah Terpaksa Gali Ruang Tamu Sedalam 1 Meter

MEMPAWAH - Sempat terjadi kebocoran pipa induk PDAM selama enam hari di bawah bangunan rumah warga di Jalan dr Rubini, Kelurahan Tengah, Kecamatan Mempawah Hilir. Akibat kebocoran tersebut, material berupa lantai porselen salah satu rumah warga terpaksa harus dibongkar dan digali untuk memperbaikinya.

"Bocor sudah terjadi selama enam hari, pertama bocornya kecil, airnya merembes ke dinding, awalnya saya cari pipanya tidak dapat," kata Aris (34) warga sekitar Jalan dr Rubini yang mana kebocoran pipa induk tepat dibawah lantai rumahnya, Kamis (27/6/2019).

Aris sempat memanggil tukang untuk mencari dan memperbaiki kebocoran tsrsebut namun titik kebocoran masih tidak ditemukan, ia kemudian berinisiatif melapor ke PDAM.

"Setelah PDAM menelusuri, barulah didapat titik kebocorannya, itupun setelah empat hari pasca kebocoran," ujarnya.

Baca: Warga Ngeluh Air Tidak Jernih, Direktur PDAM Mempawah Akui Pelayanan Masih Belum Optimal

Baca: PDAM Mempawah, Disinilah Lokasi Beserta Profil Singkatnya

Karena penyambungnya di PDAM sini tidak ada kata dia, akhirnya memesan ke Pontianak, soalnya pipa yang bocor ini model lama, sejak tahun 1882.

Aris mengatakan, pipa yang bocor adalah pipa induk khusus untuk mengaliri sepanjang Jalan dr Rubini, dan ketika pipa induk tersebut bocor rumahnya sampai banjir.

"Saat terjadi kebocoran, didalam rumah saya sampai banjir setinggi 2cm, karena airnya deras sekali," katanya.

Saat perbaikan pipa yang bocor, Aris mengatakan porselen rumahnya terpaksa dibongkar oleh PDAM dan dilakukan penggalian di depan pintu kamarnya, dengan lobang berukuran sekitar 1x2.5 meter berbentuk persegi panjang dengan dalam 1 meter.

"PDAM sudah mengarahkan untuk menghadap pimpinan mereka untuk penggantian material bangunan yang rusak dan penimbusan lobang galian didalam rumah," katanya.

Baca: PDAM Mempawah Ancam Putus Meteran Jika Menunggak Lebih Dari Tiga Bulan

Baca: Mulai Dikeluhkan Masyarakat Saat Musim Kemarau Tiba, Ini Langkah PDAM Mempawah

Aris kemudian langsung menemui Direktur PDAM Kabupaten Mempawah, Trisna Jaya dan bermusyawarah sehinggah didapatlah kesepakatan semua material bangunan yang rusak diganti oleh PDAM.

"Kita tentu merasa dirugikan dengan adanya kebocoran pipa PDAM tersebut, diperkirakan kerugian mencapai jutaan rupiah, tapi sudah diganti oleh PDAM," ujarnya.

Aris sempat merasa khawatir rumahnya ambruk karena pipa yang bocor terus saja menggerus bagian pondasi rumahnya, akibatnya dinding rumah ada yang retak dan pintu menjadi miring.

Penulis: Ya'M Nurul Anshory
Editor: Ishak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved