Sampai Saat Ini BNNK Sanggau Sudah Rehab 33 Orang Pengguna Narkotika

Kemudian, razia terus-menerus yang dilakukan BNNK, Satpol PP, Polres, Kodim, sehingga meningkatkan jumlah yang dilakukan rehab.

Sampai Saat Ini BNNK Sanggau Sudah Rehab 33 Orang Pengguna Narkotika
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/HENDRI CHORNELIUS
Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Sanggau, AKBP Ngatiya, saat dijumpai di ruang kerjanya. 

Sampai Saat Ini BNNK Sanggau Sudah Rehab 33 Orang Pengguna Narkotika

SANGGAU - Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Sanggau, AKBP Ngatiya menggelar preaa release dalam rangka memperingati Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) tahun 2019 di Kantor BNNK Sanggau, Rabu (26/6/2019).

Ngatiya menyampaikan, Pada Tahun 2019 terjadi kenaikan tren pengguna narkotika di Kabupaten Sanggau. Sampai hari ini sudah ada 33 residen yang direhab, sementara 2018 sebanyak 27 residen.

"Dari 33 residen yang direhabilitasi, sebanyak 29 orang diantaranya berasal dari kalangan milenial yang berusia di bawah 35 tahun, atau 88 persen, "katanya.

Ngatiya nenegaskan, Peningkatan jumlah tersebut dipengaruhi beberapa faktor.

Baca: VIDEO: BNNK Sanggau Gelar Sosialisasi Program Rehabilitasi dan Pasca Rehabilitasi

Baca: Apresiasi Silaturahmi Karutan ke BNNK Sanggau, Ini Harapan Pemuda Sanggau

“Kalau kita lihat ini kan memang adanya ekses dari sosialisasi dan penangkapan yang dilakukan petugas. Kalau tahun lalu, penyidik menangkap, begitu tak ada barang bukti, dipulangkan. Ini yang saya imbau kepada mereka, kalaupun tidak ada barang bukti, selagi dia positif kami rehab,”tegasnya.

Kemudian, razia terus-menerus yang dilakukan BNNK, Satpol PP, Polres, Kodim, sehingga meningkatkan jumlah yang dilakukan rehab.

"Untuk itulah untuk meminimalisir jumlah pengguna narkoba, razia akan terus dilakukan. Kemudian ada Instruksi Presiden (Inpres) untuk mengoptimalkan seluruh lembaga kementerian. Kemudian Pemda ini kita ajak secara massif, sinergis, supaya minimal di lingkungan satuan kerja, keluarga, dan kemudian ini nanti akan berkembang ke masyarakat,”tegasnya.

Baca: Karutan Klas II B Silahturahmi Ke Kepala BNNK Sanggau, Ini Yang Dibahas

Baca: Polsek Entikong Raih Penghargaan dari BNNK Sanggau, Ini Prestasinya

Selain itu, BNNK juga berkoordinasi dengan desa-desa yang selama ini sudah berjalan, melalui anggaran desa. Dan kebetulan di desa ada anggaran yang bisa digunakan untuk sosialisasi baik itu narkoba maupun kriminalitas. "Jadi strategi-strategi itu yang rencananya kedepan akan kita laksanakan,”tegasnya.

Dikatakanya, kegiatan yang dilakukan BNNK dalam rangka HANI 2019 diantaranya, Pra Hani, hari pelaksanaanya dan pasca Hani. Ada kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan, mulai dari pemasangan baliho ditempat-tempat strategis.

"Baik itu yang kami sendiri secara swadaya maupun lingkungan Pemda juga mendukung pemasangan baliho. Kemudian sosialisasi, laksanakan talkshow, tes urin.

"Alhamdulillah sudah dilaksanakan di Pemda kemarin terhadap Pak Bupati dan OPD. Jumlahnya 31 orang, hasilnya negatif. Kemudian rencananya besok akan dilaksanakan tes urin di Imigrasi Entikong,"ujarnya.

Baca: Sepanjang 2017, BNNK Sanggau Rehabilitasi 29 Pecandu Narkoba

Baca: Nama Kepala BNNK Sanggau Dicatut, Pelaku Minta Uang Rp 50 Juta

Selain itu, juga dilakukan pembagian stiker disimpang jalan dan dibantu dari Polres Sanggau. Kemudian rencananya ada pagelaran seni yang dilaksanakan minggu kedua bulan Juli. "Insyallah mungkin di Kecamatan Sekayam, "jelasnya.

Kemudian terkait dengan sosialisasi, ada beberapa perusahaan yang juga mohon untuk dilakukan sosialisasi terhadap karyawanya.

"Mungkin beberapa kegiatan dalam rangka HANI ini. Hari ini memang kami laksanakan upacara secara outdor didepan Kantor Bupati dengan Iurup Pak Bupati langsung membacakan amanat dari bapak Wakil Presiden. Kemudian peserta dari Forkopimda, OPD, tokoh masyarakat, pemuda, instansi vertikal dan khusus untuk pelajar memang terbatas karena masih libur, "pungkasnya.

Penulis: Hendri Chornelius
Editor: Ishak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved