Terapkan Sistem Zonasi, PPDB di SMP II Ketapang Berjalan Lancar

Jauh hari sudah kita sosialisasikan bahwa untuk SMP II, mulai tahun pelajaran 2019/2020 akan memberlakukan sistem zonasi dalam PPDB

Terapkan Sistem Zonasi, PPDB di SMP II Ketapang Berjalan Lancar
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ NUR IMAM SATRIA
Antrean orangtua wali murid pada PPDB di SMP II Ketapang. 

Terapkan Sistem Zonasi, PPDB di SMP II Ketapang Berjalan Lancar

KETAPANG - Penerapan sistem zonasi dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun pelajaran 2019/2020 di Kabupaten Ketapang, khususnya di SMP II Kecamatan Benua Kayong sudah berlangsung sejak kemarin. Hingga kini, proses pendaftaran siswa di sekolah tersebut berjalan lancar.

Menurut pantauan, tampak puluhan orang tua wali berbondong-bondong mendaftarakan anaknya masuk ke SMP II. Yang mana tahun ajaran 2019/2020 ini SMP II Benua Kayong menerima sebanyak 256 siswa.

Kepala SMP II Benua Kayong, Effendi SPd SAP MMPd mengatakan, kesiapan SMP II dalam penerapan sistem zonasi jauh hari telah di sosialisasikan sekolahnya, terutama pada saat pelepasan siswa tahun pelajaran 2018-2019 dan pembagian raport siswa kelas VII dan VIII kemarin.

Baca: Cari Pernak Pernik Outdoor di Pontianak, di Toko Eiger Tersedia Lengkap

Baca: Film Mendadak Kaya Tampilkan Trailer dengan Sisi Yang Berbeda

“Jauh hari sudah kita sosialisasikan bahwa untuk SMP II, mulai tahun pelajaran 2019/2020 akan memberlakukan sistem zonasi dalam PPDB,” kata Effendi saat ditemui diruang kerjanya, Selasa (25/06/2019).

Khusus SMP II, dijelaskan Effendi, zonasinya meliputi Kelurahan Kauman, Kelurahan Banjar, Desa Kinjil Pesisir dan sebagian Desa Baru yang dekat dengan SMP II. Dan dalam penerapannya, yang menjadi prioritas adalah jalur zonasi sebanyak 80 persen.

“Sebelumnya, untuk zonasi 90 persen. Namun pada tanggal 21 Juni, Menteri Pendidikan RI mengeluarkan edaran bahwa zonasi minimal 80 persen, sedangkan prestasi 15 persen dan jalur perpindahan orang tua lima persen,” paparnya.

“Dengan demikian, berjalannya dua hari PPDB di SMP II ini sudah terdapat beberapa siswa diluar zonasi yang mendaftar melalui jalur prestasi. Tapi prioritas utama tetap zonasi,” sambungnya.

Penulis: Nur Imam Satria
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved