Tribun Wiki

Khasiat Minuman Khas Keraton Yogyakarta, Miliki 3 Jenis Rasa

Kasi Neraca Konsumsi Badan Pusat Statistik Kalimantan Barat, Nur Asih Kurniawati setiap hari selalu mengkonsumsi minuman Khas Kraton

Khasiat Minuman Khas Keraton Yogyakarta, Miliki 3 Jenis Rasa
TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Sampel saset Minuman khas Yogyakarta 

Khasiat Minuman Khas Kraton Yogyakarta, Miliki 3 Jenis Rasa

PONTIANAK - Kasi Neraca Konsumsi Badan Pusat Statistik Kalimantan Barat, Nur Asih Kurniawati setiap hari selalu mengkonsumsi minuman Khas Kraton Yogyakarta untuk menjaga kesehatan, Jum'at (21/6/2019).

Asih menjelaskan, minuman khas Kraton Yogyakarta terdapat tiga jenis ada

Birr Djawi, Adu Lima, dan Jare Guwo.

"Birr Djawi merupakan salah satu minuan khas Kraton Yogyakarta yang menjadi kesukaan Sri Sultan HB VIII. Minuman ini diramu dari rempah-rempah alami yang telah diakui manfaatnya dan diekstrak tanpa bahan kimia serta bahan pengawet. Rempah-rempah tersebut dipercaya memiliki khasiat," ujarnya.

Baca: Polisi Pengkadan Gelar Baksos, Ini Penjelasan Kapolsek dan Kades

Baca: Safari Jumat Polsek Delta Pawan, Ipda Sri Marjana Sampaikan Pesan Kamtibmas

Baca: BPS Rilis Laju Pertumbuhan Ekonomi Kalbar 2017-2018 Melambat

Lanjutnya Gula pasir bermanfaat sebagai pemanis dan pengawet alami, kandungan didalam minuman ini ada Zingiber officinalle rhizoma berkhasiat untuk menyamankan lambung dan memperbaiki pencernaan, Kaempferiae galanga rhizoma  untuk menghilangkan rasa lelah dan menambah tenaga, dan Cymbopogonis follium sebagai peluruh angin dan anti kejang.

Kemudian Adu Lima mengandung Rempah-rempah yang dipercaya memiliki khasiat, Gula pasir bermanfaat sebagai pemanis dan pengawet alami.

"Kandungan lain minuman Adu Lima yakni  Curcumae domesticae rhizoma untuk membunuh bakteri, mengurangi rasa nyeri, mengobati gatal-gatal, Kaempferiae rhizoma berkhasiat untuk membantu mengurangi rasa pegal linu dan memperlancar peredaran darah," ujar Asih.

Lanjutnya amarindus indicus mencegah demam dan Zingiberis rhizoma membantu memperlancar peredaran darah.

Yang terakhir Jare Guwo Minuman ini diramu dari rempah-rempah alami yang telah diakui manfaatnya dan diekstrak tanpa bahan kimia serta bahan pengawet. Rempah-rempah tersebut dipercaya memiliki khasiat.

"Kandungan dari Jare Guwo gula jawa sebagai pemanis yang khas juga pewarna alami, Zingiberis rhizoma sebagai penghangat dan memperlancar peredaran darah, Sere sebagai peluruh angin, Cengkeh untuk membatu mengurangi rasa pegal linu dan mengurangi bengkak akibat rematik," pungkasnya kepada Tribun Pontianak.co.id diruangan kantornya.

Kendati demikian Asih berharap minuman ini bisa dicoba masyarakat Kalimantan Barat. (Julisabara)

Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved